• Headline

    Dana Kampanye Pilwakot Bandung Tak Boleh Lebih Dari Rp 105 Miliar

    Oleh : Asep Pupu Saeful Bahri15 Februari 2018 17:49
    INILAH, Bandung - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyebutkan besaran maksimal dana kanpanye untuk Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Bandung 2018 Rp 105 miliar untuk masing masing calon.

    ‎Ketua KPU Kota Bandung, Ali Mubaroq menuturkan sebelumnya besaran dana kampanye maksimal mencapai Rp 160 miliar. Namun setelah bermusyawarah dengan tiga pasangan calon semuanya sepakat untuk menurunkan nilainya.

    Selain itu, lanjut Rifqi, dari KPU juga diberikan subsidi sebesar Rp 6 miliar untuk tambahan dana kampanye. Sementara sumbangan perorangan, dibatasi juga nilainya agar tidak lebih dari Rp 75 juta.

    ‎"Batasan dana kampanye yang kita sudah lakukan Rp 105 miliar maksimal itu batasannya. Maksimal tiap kandidat, estimasi anggaran kampanye, dari KPU Rp 6 Miliar per paslon (pasangan calon). Tidak boleh melebihi, kalau melebihi pelanggaran, dan akan diberikan ke kas daerah," kata Rifqi di Monumen Perjuangan, Bandung, Kamis (15/2).

    Sebagai persyaratan sebelum kampanye, Rifqi menyebutkan masing-masing pasangan calon sudah menyetorkan dana awal kampanye. ‎

    "Semua paslon sudah melaporkan awal dana kampanye total yang disampaikan semuanya hampir di angka Rp 200 juta tiga pasangan ini sudah," ujarnya.

    Nantinya setiap pasangan calon harus membuat laporan akhir terkait dana kampanye ini. "Nanti laporan akhir, kita cek di akhir berapa total maksimal, tapi batasan maksimal Rp 105 miliar. Apabila tidak menyampaikan bisa didiskualifikasi," tandasnya.‎

    Tags :


    Berita TERKAIT