• Headline

    Bea Cukai Gagalkan Penyelundupan Sabu dalam Pembalut

    Oleh : Ahmad Sayuti12 Maret 2018 21:00
    fotografer: Syamsuddin Nasution
    INILAH, Bandung- Bea Cukai Jabar berhasil mengungkap dan menggalkan penyelundupan sabu seberat 510 gram atau senilai Rp 1 miliar via Bandara Husein Sastranegara Bandung, Sabtu (10/3/2018).

    Dari pengungkapan tersebut petugas mengamankan seorang perempuan berinisial M dan sabu sabu yang disimpannya di dalam pembalut yang dipakai olehnya.

    Kepala Bea Cukai Jawa Barat Syaefullah Nasution mengatakan, pengungkapan tersebut berawal dari gelagat yang mencurigakan dari pelaku yang baru turun dari pesawat swasta tujuan Kuala Lumpur - Bandung. Saat diperiksa barang bawaan dan dilakukan x-ray petugas tidak menemukan barang yang mencurigakan.

    ”Saat digeledah ditemukan serbuk putih di pembalut yang dipakainya. Setelah diuji lab ternyata hasilnya positif mengandung narkotika," katanya di kantor Bea Cukai Bandung, Jalan Rumah Sakit, Senin (12/3/2018).

    Atas perbuatannya, M dijerat pasal 102 huruf e UU no 17 tahun 2006 tentang Perubahan UU no 10 tahun 1995 tentang Kepabeanan dengan ancaman hukuman berupa pidana penjara paling singkat satu tahun dan paling lama 10 tahun dan denda paling sedikit Rp 50 juta, paling banyak Rp 5 miliar.

    Pelaku juga dijerat pasal 113 ayat (2) UU nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika, dengan ancaman hukuman berupa pidana mati, pidana penjara seumur hidup atau pidana penjara paling singkat 5 tahun sampai 20 tahun dengan denda Rp 10 miliar ditambah 1/3 dari denda paling banyak.

    "Selanjutnya pelaku dan barang bukti diserahkan ke Kepolisian Daerah Jawa Barat untuk proses lebih lanjut," tambahnya.[jek]

    TAG :


    Berita TERKAIT