• Headline

    Anjlok, Penumpang KA Lodaya Dialihkan ke Bus

    Oleh : Doni Ramdhani22 Maret 2018 16:43
    INILAH, Bandung - KA 79 Lodaya relasi Solo-Bandung anjlok di Km 226+8/6 Kamis (22/3) pukul 14.12 WIB.

    Manajer Humas Daop 2 Bandung Joni Martinus mengatakan, peristiwa itu terjadi di petak jalan antara Stasiun Bumiwaluya-Warungbandrek.

    "KA 79 Lodaya yang anjlok itu dua As. Nomor gerbong yang anjlok itu K2 06514 gerbong nomor urut ketiga dari rangkaian. KA Lodaya ini membawa 9 gerbong," kata Joni, Kamis (22/3).

    Pihaknya langsung melakukan evakuasi yang dibutuhkan. Mulai dari mengirim kereta penolong, regu penolong, dan crane atau alat berat ke lokasi. Tim berangkat dari Stasiun Bandung.

    Menurutnya, akibat kejadian tersebut sejumlah kereta tertahan hingga pukul 15.45 WIB. Rangkaian kereta yang tertahan itu yakni KA Kutojaya Selatan relasi Kutoarjo-Kiaracondong tertahan di Stasiun Cipendeuy.

    Selain itu, KA Serayu relasi Pasar Senen-Kiaracondong-Purwokerto pun tertahan di Stasiun Cibatu.

    "Untuk mengevakuasi kereta yang anjlok itu kita membutuhkan waktu. Diperkirakan jalur bisa dilalui pukul 18.00 WIB nanti," ujarnya.

    Joni menambahkan, dalam peristiwa tersebut tidak menimbulkan adanya korban ataupun penumpang yang terluka. Hingga kini, untuk penyebab kejadian pihaknya masih melakukan proses pemeriksaan dan pengusutan.

    Dia pun menjelaskan, untuk penumpang KA Lodaya pihaknya melakukan overstapen. Yakni, berupa pengalihan moda angkutan dari kereta api ke bus. Di Stasiun Bumiwaluya, disiapkan enam bus yang meneruskan perjalanan penumpang menuju Bandung.

    "Sedangkan, untuk penumpang KA Kutojaya Selatan dan penumpang KA Serayu itu kita berikan SR (servis recovery) berupa makanan ringan," ucapnya.

    TAG :


    Berita TERKAIT