• Nurul Arifin Pertanyaan Debat Publik Tidak Disiarkan Secara Langsung

    Oleh : Asep Pupu Saeful Bahri22 Maret 2018 17:24
    fotografer: Asep Pupu Saeful Bahri
    INILAH, Bandung - Calon wali kota Bandung, Nurul Arifin mempertanyakan keputusan debat pertama Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Bandung tidak disiarkan secara langsung. Menurutnya terasa aneh dalam debat publik ini apabila harus dilakukan siaran tunda.

    ‎"Saya berharap tayangan yang akan dibuat oleh KPU dengan TVRI yang ditunjuk menjadi mitra di tv lokal bisa dilakukan secara live, karena selama ini yang namanya debat itu tidak pernah dilakukan taping," kata Nurul saat ditemui di Kelurahan Cihaurgeulis, Kecamatan Cibeunying Kaler, Kamis (22/3).

    Diutarakan Nurul, debat publik seharusnya menjadi panggung untuk para calon wali kota Bandung dalam beradu kemampuan di beradu argumen dan ide di atas panggung. Termasuk pemaparan visi dan misi yang dipersiapkan untuk menjadi pemimpin selama lima tahun ke depan.

    "Pertanyaannya kenapa harus direkam, kalau bisa tidak perlu tapping supaya jelas kemampuan dalam berdebat dan dalam mengemukakan gagasan dan pemikirannya dengan jelas," kata calon nomorurut 1 ini.

    Lebih lanjut Nurul tidak mengetahui dengan jelas mengapa Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung tidak bisa menyelenggarakan debat publik yang perdana ini disiarkan secara langsung. "Saya tidak tahu, tapi bukan suatu kebiasaan, kalau dalam debat kita selalu live, begitu ada taping jadi bertanya-tanya, kunaon harus taping," tegasnya.

    Nurul mengungkapkan bahwa debat publik pertama nanti juga sebagai ajang untuk menguji para calon pemimpin di Kota Bandung. Disamping itu sekaligus ‎untuk memberikan kesan perdana bagi masyarakat.

    "Kita sudah persiapkan diri yang seoptimal‎ kita ingin menampilkan yang terbaik, karena ini anggap ujian di depan masyarakat. Debat itu adalah satu moment untuk memberikan impresion kepada masyarakat, sehingga masyarakat bisa menilai secara objektif apa yang terlihat terucap dan terekam," pungkasnya.[jek]

    TAG :


    Berita TERKAIT