• Headline

    Di Harlah PMII, Jokowi Bahas Soal PKI

    Oleh : Asep Pupu Saeful Bahri17 April 2018 20:21
    INILAH, Bandung - Presiden Joko Widodo berbicara soal Partai Komunis Indonesia (PKI) di hadapan ribuan kader Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) yang menghadiri Harlah ke-58 di Gedung Sasana Budaya Ganesha (Sabuga), Bandung, Selasa (17/4) malam.

    Dalam pidatonya, Presiden yang akrab disapa Jokowi itu mengklarifikasi soal tudingan yang menyebutnya sebagai salah seorang antek-antek PKI di era moderen. Kemudian dia memberikan logika berdasarkan data tahun.

    Jokowi menyatakan ketika penumpasan masih gerakan PKI pada 1965, dia masih berusia empat tahun. Sehingga, dia merasa 'geli' ketika ada yang menyebutnya ‎sebagai kader PKI.

    "PKI dibubarkan tahun 65 saya lahir 1961, jadi saya baru empat tahun, masa ada kader PKI balita," ucap Jokowi sambil tersenyum.

    Kemudian muncul dalam tayangan gambar yang memperlihatkan foto kegiatan PKI, dimana dalam foto tersebut tampak DN Aidit sedang berpidato di hadapan para anggota dan simpatisan partai.

    Jokowi kembali menuturkan bahwa foto tersebut ramai diperbincangkan karena salah satu anak yang berada dalam foto itu diduga adalah sosok Jokowi kecil sedang menghadiri kegiatan PKI.

    "Ini foto tahun 1955, bagaimana bisa saya kan lahir 1961," katanya.[jek]

    Tags :
    # #


    Berita TERKAIT