• Headline

    Uang Suap untuk Keperluan Pilkada Imas

    Oleh : Ahmad Sayuti09 Mei 2018 14:46
    INILAH, Bandung- Sejumlah uang yang diminta oleh Bupati Subang Imas Aryumningsih kepada terdakwa Miftahudin, rupanya sebagian dipakai untuk kampanye Imas dalam Pilkada Kabupaten Subang 2018.

    Hal itu terungkap dalam sidang kasus suap Bupati Subang Imas Aryumningsih dengan terdakwa Miftahudin di Pengadilan Tipikor pada PN Kelas 1A Khusus Bandung, Jalan RE Martadinata, Rabu (9/5/2018).

    Dalam sidang yang dipimpin Dahmiwirda, JPU KPK Dodi Sukmono membacakan dakwaan pada Miftahudin, bahwa terdakwa bersama-sama dengan Puspa Sukrina alias Koh Asuh (berkas terpisah) pada Juli 2017 hingga Februari 2018 di kantor terdakwa, dan di rumah dinas Bupati Subang memberikan sesuatu berupa uang dengan total Rp 1,275.000.000.

    Dalam berkas dakwaan, uang senilai Rp 1,275 miliar tersebut rinciannya, Rp 300 juta masuk kantong pribadi Imas, kemudian untuk fasilitas kampanye Pilkada Subang 2018 Rp 110 juta lebih, kemudian pembelian kamera Canon dan Laptop kepada Imas.

    Selain kepada Imas, terdakwa memberikan uang Rp 40 juta kepada Kabid Perizinan DPMPTSP Subang Asep Santika, kepada pihak swasta Data atau Darta Rp 824 juta, dan berjanji memberikan uang senilai Rp 1,5 miliar kepada bupati Imas.

    Semua uang tersebut diberikan terdakwa dengan maksud agar Imas sebagai Bupati Subang mengeluarkan Izin prinsip dan izin lokasi untuk PT Pura Binaka Mandiri, dan PT Alfa Sentra Property (ASP).

    Padahal itu bertentangan dengan posisinya sebagai Bupati Subang sebagaimana diatur dalam UU RI Nomor 28 tahun 1999 tentang penyelenggaran negara yang bersih dan bebas dari kroupsi, kolusi dan nepotisme.

    TAG :


    Berita TERKAIT