• Headline

    Satpol PP Bentuk Tim Khusus Amankan Manusia Silver

    Oleh : Asep Pupu Saeful Bahri24 Mei 2018 17:01
    INILAH, Bandung - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bandung menyiapkan tim Patroli Reaksi Cepat Patmor Garda. Tim ini dibuat khusus untuk menjaga ketertiban selama bulan ramadan.

    Kepala Bidang Ketentraman dan Ketertiban Satpol PP Kota Bandung, ‎Taspen Efendi menyebutkan tim Patroli Reaksi Cepat Patmor Garda ini disiapkan untuk merespon Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial‎ (PMKS) dadakan, serta Pedagang Kaki Lima (PKL) yang juga menjamur saat bulan ramadan.

    "Mereka sifatnya menghalau memberikan imbauan dan sebagainya, kalau membandel nanti ada satu kanit khusus mobil patroli dan mobil angkut," kata Taspen saat mengenalkan anggotanya di Plaza Balai Kota, Jalan Wastukencana, Bandung, Kamis (24/5).

    Taspen menuturkan, tim Patroli Reaksi Cepat Patmor Garda ini beranggotakan sepuluh orang personel. Mereka dibekali kendaran roda dua agar mudah menjangkau dan akselerasi pengejaran, lalu dibekali pesawat radio sebagai penunjang komunikasi.

    Selain itu, lanjut Taspen, anggota tim Patroli Reaksi Cepat Patmor Garda ini juga dibekali kemampuan khusus. Terutama keterapilan dalam mengejar para pelanggar yang seringkali kabur ketika melihat petugas berseragam Satpol PP.

    ‎"Menertibkan PMKS atau manusia silver dan harus mengejar, jadi kita kasih tahu mereka beberapa trik untuk mengamankan orang saat penertiban. Kita siapkan juga ada yang pakai pakaian preman dan intel dan sebagainya,‎" ujarnya.

    Taspen mengungkapkan, saat ini Satpol PP hanya baru mampu menyiapkan sepuluh personel saja untuk tim Patroli Reaksi Cepat Patmor Garda.

    Sebab, menurutnya terbentur dengan keterbatasan anggaran dari Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung yang dinilainya cukup minim.

    Untuk itu, Taspen berharap Pemkot Bandung ‎bisa memberikan tambahan anggaran bagi Satpol PP. Sebab, kata dia, di momen tertentu seperti ketika bulan ramadan dan hari raya idul fitri memerlukan kerja yang ekstra.

    "Makanya minta bantuan penganggaran Satpol PP minimal bisa kelihatan kinerjanya, OPD lain beda dengan Satpol PP itu kerjanya 24 jam, dan semuanya sampai pejabat itu nggak ada tanggal merah, lebaran atau tahun baru juga kita stand by sama kaya TNI atau Polri, anggaran minimal, kerja nyatanya terlihat‎," ungkapnya.

    Taspen menegaskan, khusus untuk tim Patroli Reaksi Cepat Patmor Garda ‎ini idealnya memiliki satu kanit untuk mengantisipasi selama ramadan. "Minimal antara 30 sampai 40 personel lah bagusnya," tandasnya.



    TAG :


    Berita TERKAIT