• Yossi-Aries Kembali Rebut Hati Ulama

    Oleh : Asep Pupu Saeful Bahri07 Juni 2018 23:09
    fotografer: Istimewa
    INILAH, Bandung - Berkampanye saat momentum bulan ramadan yang dilakukan oleh pasangan Yossi Irianto-Aries Supriatna kembali menggaet simpati dari kalangan agamawan. Kali ini dukungan dari KH. Iik Abdul Kholik, pengurus Pondok Pesantren Sirnamiskin di Kecamatan Bojongloa Kidul.

    Kiai Iik, panggilannya, menyatakan bahwa sosok Yossi mampu membaur dengan baik dan bisa merangkul ulama. Walaupun dia memahami latarbelakang mantan Sekertaris Daerah Kota Bandung tersebut bukan berasal dari kalangan ulama.

    "Pak Yossi walau bukan kiai atau ustadz, dia adalah contoh birokrat yang shaleh. Mereka dekat dengan para kiai dan memperhatikan pondok pesantren," ucap Kiai Iik saat dikunjungi oleh Yossi, Rabu (6/6).

    Diakui Kiai Iik, kedekatannya bersama Yossi ataupun Aries sudah terjalin cukup lama. Bahkan, sebelum keduanya maju sebagai kandidat di kontestasi Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Bandung 2018.

    ‎Namun bagi Kiai Iik alasan memberikan dukungan kepada pasangan calon nomor urut 2 ini bukan semata karena urusan psikologis semata. Melainkan dia juga menilai kemampuan Yossi dalam urusan pemerintahan menjadi modal besar untuk menjadi Wali Kota Bandung dalam lima tahun ke depan.

    "Bagi saya Pak Yossi adalah pilihan rasional. Dia adalah birokrat yang pengalaman dan memulai karir dari bawah hingga jadi sekda. Jadi untuk mengelola Bandung yang begitu kompleks, dibutuhkan pemimpin yang pengalaman, dan Pak Yossi adalah orang yang tepat," bebernya.

    Kiai Iik paham betul bagaimana peran Yossi ketika mendukung setiap program yang dicanangkan oleh Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil ketika menjalankan banyak inovasi pembangunan. Sehingga pencapaian prestasi yang ditorehkan Kota Bandung dalam lima tahun ke belakang juga dinilainya tidak terlepas dari tangan Yossi.

    "Otak di balik bagusnya kinerja Pemkot Bandung di bawah Pak Ridwan (Kamil) adalah karena di belakangnya adalah Pak Yossi. Pak Yossi adalah otak dan dapurnya Pak Ridwan," cetusnya.

    Lebih lanjut Kiai Iik juga kerap mendapat informasi aktivitas Yossi yang seringkali berkunjung ke pondok pesantren di Kota Bandung. Bahkan, sambung dia, sampai berkeliling ke tiap pesantren tanpa pilih kasih membedakan keorganisasiannya baik itu NU, Persis ataupun Muhammadiyah.

    "Yang saya tahu, selain dekat dengan ulama Pak Yossi juga dekat dengan berbagai kalangan seperti pemuda, seniman, budayawan, guru, ustaz, dan lainnya. Semua dia rangkul. Dia tidak pernah mendikotomikan kelompok A, kelompok B. Dia bisa menyatukan semua potensi," terangnya.

    Dengan konsep Hebat dan Ringkas ‎(Hebring) yang diusung oleh pasangan Yossi-Aries, dinilai Iik sangat relevan dengan rancangan visi, misi serta program kerja yang ditawarkan dalam periode kepemimpinan 2018-2023. Dia melihat kontennya pun banyak yang pro rakyat.

    "Saya melihat Pak Yossi itu birokrat yang handal dan tahu permasalahan Kota Bandung. Program-program yang sudah berjalan saat ini pun banyak yang berasal dari Pak Yossi," ulasnya.

    Kiai Iik kemudian menilai keputusan Yossi berpasangan bersama Aries Supriatna sangat tepat. Menurutnya kemampuan Aries sebagai anggota DPRD menjadikan kolaborasi birokrat dengan dewan ini sebagai kombinasi yang komplit.

    "Insya Allah pasangan ini akan amanah. Apalagi Pak Aries juga bisa melengkapi Pak Yossi karena sama-sama pengalaman di pemerintahan," pungkasnya.[jek]

    TAG :


    Berita TERKAIT