• Headline

    Bunga Sedap Malam, Tradisi Sebagian Warga Kab Bandung Sambut Hari Raya

    Oleh : Rd Dani Rahmat Nugraha14 Juni 2018 17:08
    INILAH, Bandung- Menyimpan kembang atau bunga sedap malam yang harum semerbak di dalam rumah menjadi kebiasaan atau tradisi sebagian warga Kabupaten Bandung.

    Tradisi menyimpan beberapa ikat bunga sedap malam disimpan dalam gelas atau vas bunga berisi air, biasanya diletakkan di sudut ruang tamu atau menghiasi meja tamu bersama aneka makanan minuman khas lebaran. Alhasil, wangi bunga sedap malam yang semerbak memenuhi ruang.

    "Kalau dimulainya sejak kapan dan kenapa harus disiapkan bunga sedap malam, kami juga tidak tahu persis. Tapi intinya yang kami pahami bunga sedap malam sebagai bagian rasa syukur atas rahmat dan berkah dari Allah SWT atas nikmat hari raya Idul Fitri ,"kata Ida Jubaedah (40) salah seorang warga Kecamatan Margahayu Kabupaten Bandung, Kamis (14/6/18).

    Menurut Ida, kebiasaan menghiasi ruang tamu dengan bunga sedap malam ini telah turun temurun dilakukan. Mulai dari kakek nenek, orang tua dan sekarang dilakukannya juga.

    Sudah menjadi kebiasaan yang wajib dilakukan Ida dan keluarganya dan juga sebagian keluarga lainnya di Kabupaten Bandung, jika hari raya Idul Fitri tiba menghias ruang tamu dengan bunga sedap malam.

    "Yah selain indah wanginya juga memang sedap. Suasana hari raya jadi lebih berseri dan menyenangkan dengan wewangian di dalam rumah,"ujarnya.

    Kebiasaan menghias ruang tamu dengan wewangian bunga sedap malam ini, membuka peluang usaha bagi sebagian orang. Sejak lama setiap sehari menjelang hari raya Idul Fitri, di sepanjang Jalan Raya Kopo Sayati tepatnya di depan Pasar Sayati marak penjual bunga sedap malam dan aneka bunga lainnya yang indah sebagai penghias ruangan.

    "Setiap tahun dagang kembang sedap malam dan bunga lainnya seperti mawar, melati. Alhamdulilah meskipun yang dagang banyak, tapi masing masing orang sudah ada rezekinya. Tradisi menghias ruang tamu dengan bunga sedap malam membawa berkah buat kami pedagang musiman di sini," kata Tatang (55) salah seorang pedagang bunga.

    Berbagai bunga hias segar yang dijajakan oleh Tatang dan para pedagang lainnya itu diperoleh dari beberapa perkebunan bunga yang ada di wilayah Cihideung Lembang Kabupaten Bandung Barat dan Ciwidey Kabupaten Bandung.


    TAG :


    Berita TERKAIT