• Headline

    Masih Banyak Pemudik di Terminal Cicaheum

    Oleh : Asep Pupu Saeful Bahri20 Juni 2018 18:35
    INILAH, Bandung " Pemudik yang berangkat menggunakan bus dari terminal Cicaheum selama libur lebaran 2018 mengalami peningkatan. Masyarakat yang pergi meninggalkan Kota Bandung tahun ini naik 19 persen ketimbang 2017 lalu.

    Kepala Terminal Cicaheum, Roni Hermanto menuturkan fenomena keberangkatan yang meningkat bukan hanya saat menjelang hari raya idul fitri saja. Namun, kenaikan jumlah penumpang melalui Terminal Cicaheum terjadi pascalebaran.

    “Keberangkatan sampai H+3 naik nyampai 19 persen. Sekarang terhitung sampai H+3 itu 40.476 penumpang, dari 2017 lalu itu cuma 33.805 penumpang sampai H+3,” kata Roni di Terminal Cicaheum, Bandung, Rabu (20/6).

    Roni menuturkan banyaknya pemudik yang baru berangkat setelah momentum hari raya idul fitri ini diduga karena waktu liburan yang cukup panjang. Selain cuti bersama yang ditambah, juga bertepatan dengan liburan sekolah.

    “Di sini masih banyak yang akan berangkat, sekarang kan liburannya lebih panjang, jadi ya berangkatnya lebih santai. Bahkan kayanya kalau yang wiraswasta itu baru berangkat minggu depan soalnya anak-anak sekolah masih pada libur,” ujarnya.

    Dengan waktu liburan yang cukup panjang ini juga dinilai Roni membuat kedatangan bus ke Terminal Cicaheum tidak begitu signifikan. Hingga Rabu (20/6) sore suasana di sekitar terminal terlihat cukup lengang.

    “Banyak juga yang udah berangkat duluan sebelum lebaran dan sekarang masih di kampung halaman, soalnya liburannya panjang. Penumpang dari daerah Jawa yang datang juga relatif sedikit,” cetusnya.

    Sementara itu, soal pengamanan di kawasan terminal Roni bersyukur sampai saat ini tidak ada kejahatan yang meresahkan penumpang. Puluhan petugas yang dibantu pihak kepolisian juga hanya cukup melakukan pemantauan.

    "Keamanan alhamdulillah kondusif, dibantu aparat dari Polsek Kiaracondong dan ada puluhan Dalmas Polda Jabar," pungkasnya.

    TAG :


    Berita TERKAIT