• Sampah Menumpuk di Kabupaten Bandung Usai Lebaran

    Oleh : Rd Dani Rahmat Nugraha22 Juni 2018 17:03
    fotografer: Rd Dani Rahmat Nugraha
    INILAH,Bandung- Usai lebaran, tumpukan sampah terlihat menumpuk di beberapa ruas jalan di Kabupaten Bandung. Salah satunya di Jalan Raya Majalaya- Cicalengka tepatnya di Desa Bojong, Kecamatan Majalaya, sampah menumpuk di tiga titik.

    Tumpukan sampah terlihat tak jauj dari Perumahan Majalaya Residence. Sampah menumpuk di bahu jalan meluber ke jalan dan saluran air. Tumpukan serupa juga terlihat di Kampung Babakan yang memenuhi saluran air. Kemudian kondisi serupa juga terlihat di Kampung Babakan Tanjung sampah yang dibungkus menggunkan karung ditumpuk dibahu jalan.

    Rahmat S (50) salah seorang pengguna jalan mengatakan jika sampah itu mengganggunya karena meluber ke badan jalan. Lalat beterbangan mengerubuti sampah yang mengeluarkan aroma tak sedap.

    "Sangat mengganggu, apalagi kalau kena angin, sampah itu berhamburan ke tengah jalan," kata Rahmat, Jumat (22/6/18).

    Dadan (45) warga Desa Bojong mengatakan, jika sampah yang ada di titik pertama dan ke dua merupakan sampah liar yang dibuang oleh oknum warga yang tidak bertanggungjawab.

    "Sampah liar yang dibuang oleh warga yang melintas. Kalau yang di selokan yang ada di Babakan Tanjung itu sampah warga yang dibuang ke saluran air. Berakhir dan menumpuk di saluran air itu," ujarnya.

    Dadan melanjutkan, kata dia, sampah yang menumpuk di titik ke tiga itu karena telat pengangkutan oleh Dinas Kebersihan Kabupaten Bandung.

    "Biasanya sampah di jalan suka diangkut. Sampahnya dikumpulkan, karena sudah lebaran mungkin telat mobil pengangkut nya jadi numpuk seperti itu. Tapi biasanya tidak sampai sebanyak itu sampahnya," katanya.

    Dadan menyayangkan tumpukan sampah di titik pertama dan ke dua. Jika bahu jalan dan saluran air itu dijadikan tempat pembuangan sampah.

    "Warga masih banyak yang buang sampah sembarang, semoga segera ada jalan keluar dari pemerintah dan adanya kesadaran dari para pembuangan sampah yang tidak bertanggungjawab,"ujarnya.[jek]

    TAG :


    Berita TERKAIT