• Lonjakan Arus Balik Terminal Cicaheum Dipediksi Terjadi Hari Minggu

    Oleh : Asep Pupu Saeful Bahri22 Juni 2018 18:49
    INILAH, Bandung - Kepala Terminal Cicaheum, Roni Hermanto memprediksi puncak lonjakan arus balik hari raya idul fitri 2018 akan terjadi pada Minggu (24/6). Sementara lonjakan arus balik pertama juga terjadi pada Jumat (22/6).

    "Kami prediksi lonjakan arus mudik ke dua terjadi pada Sabtu dan Minggu nanti. Karena, pada Senin, pegawai swasta dan wiraswasta sudah mulai bekerja normal," kata Roni saat ditemui di Terminal Cicaheum, Jumat (22/6).

    Roni menuturkan pada lonjakan arus balik pertama di H+5 lebaran ini jumlah penumpang yang masuk ke Terminal Cicaheum mencapai 42.367 orang. Sebelumnya, pada 2017 lalu terhitung 35.354 orang.

    "Tahun ini terjadi peningkatan masyarakat yang menggunakan bus. Kenaikannya mencapai 18,6 persen dibandingkan tahun lalu," ujarnya.

    Sekalipun puncaknya diprediksi terjadi pada Minggu (24/6) nanti, namun Roni menilai jumlahnya tidak akan melonjak signifikan. Sepertihalnya pada H+5 kemarin, total bus yang datang sekitar 120 armada dengan mengangkut kurang lebih 3.000 penumpang.

    "Angkanya mungkin tidak jauh berbeda pada H+5, kemarin. Tapi, kami tetap akan antisipasi kedatangan gelombang ke dua ini," jelaa dia.

    Diungkapkan Roni, sebagian besar pendatang lebih banyak datang dari arah jalur selatan. Sementara dari arah pantura tidak begitu signifikan.

    "Kebanyakan memang priangan timur, Pangandaran, Ciamis, Tasik dan daerah masuk Jawa. Sama dari utara juga banyak yang dari Jawa," tandasnya.[jek]

    TAG :


    Berita TERKAIT