• Langkah Pemprov Dalam Mencegah Korupsi

    Oleh : Rianto Nurdiansyah19 Juli 2018 18:51
    INILAH, Bandung-Pemerintah Provinsi Jawa Barat punya cara mencegah adanya praktik korupsi di pemerintahan, dengan mendorong pembayaran non tunai (cashless) adalah salah satunya.

    Sekretaris Daerah Jabar Iwa Karniwa mengatakan, pembayaran secara non tunai efektif meminimalisir kecurangan.

    Karena itu, pihaknya mendorong untuk menerapkan, baik dalam pembayaran rekanan hingga perjalanan dinas masuk langsung ke rekening.

    "Pembayaran perjalanan dinas kami dari rekening to rekening. Karena itu, infrastruktur penunjangnya harus disiapkan agar bisa menurunkan praktik kecurangan," ujar Iwa, saat menjadi pembicara dalam National Anti Fraud Conference di Trans Luxury Hotel, Kamis (19/7/2018).

    Cara lainnya, yakni memperbaiki tata kelola pemerintahan. Mulai dari perbaikan struktur organisasi di SKPD, sistem akuntasi keuangan daerah dan pengelolaan aset daerah. Menurut dia, cara itu dapat mencegah praktik ilegal.

    Hal itu yang selama ini diterapkan pada Pemprov Jabar sehingga dinyatakan berhasil meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK sebanyak tujuh kali, pihaknya pun menjalankan program dan pembangunan sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

    "Apabila semua program mengacu pada RPJMD akan berdampak positif terhadap kesejahteraan masyarakat, menurunkan angka kemiskinan dan pengangguran," katanya.

    Tambah dia, langkah-langkah itu wajib dilakukan untuk mendapat kepercayaan dari investor. Hal ini sangat penting demi mendukung percepatan pembangunan, terutama di daerah.

    Demi membangun kepercayaan di kalangan investor itu, pihaknya terus melakukan perbaikan tata kelola pelayanan publik, terutama dalam hal perizinan investasi.

    TAG :


    Berita TERKAIT