• Headline

    Kadisdukcapil Cimahi Resmi Menjabat Pj Sekda

    Oleh : Ahmad Sayuti01 Agustus 2018 16:44
    fotografer: Ahmad Sayuti AK
    INILAH, Cimahi- Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Kadisdukcapil) Kota Cimahi M Suryadi resmi menjabat Pejabat Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cimahi menggantikan Muhammad Yani yang memasuki usia pensiun.

    Suryadi dilantik dan disumpah jabatan sekaligus Serah Terima Jabatan (Sertijab) dari Sekda definitif Muhammad Yani di Aula Gedung A Pemerintah Kota Cimahi, Jalan Demang Hardjakusumah, Rabu (1/8/2018).

    Seperti diketahui, tugas Muhammad Yani sebagai Sekda Kota Cimahi telah berakhir karena sudah memasuki usia pensiun. Usia pensiunnya sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) berakhir hari ini, 1 Agustus 2018.

    Suryadi akan menjabat sebagai Pj Sekda Kota Cimahi selama tiga bulan, sesuai Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 3 Tahun 2018 tentang Penjabat Sekda. Jika dalam waktu tiga bulan posisi Sekda definitif belum terisi, maka otomatis harus ada pelantikan Pj Sekda lagi.

    Wali Kota Cimahi, Ajay M Priatna mengatakan pemilihan Kadisdukcapil Kota Cimahi sebagai Pj Sekda sudah melalui mekanisme yang benar. Terutama soal kriteria yang diinginkan, seperti kemampuan, kompeten dan pengabdian kepada negara.

    "Ini tidak ada muatan apa-apa. Baprerjakat yang bekerja meneliti. Kompetisinya memenuhi syarat," katanya usai pelantikan.

    Kepala Badan Pengelolaan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia Daerah (BPKSDMD), Harjono menyebutkan, kompetensi dan syarat yang dimiliki Suryadi sudah memenuhi untuk menjadi Pj Sekda.

    "Syarat administrasinya sudah dipemuhi. Itu yang jadi pertimbangan," katanya.

    Sebelum menjadi Kadisdukcapil Kota Cimahi, Suryadi juga sempat menjabat sebagai Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Cimahi.

    Sementara itu Suryadi mengaku sudah meminta izin Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk menjadi Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cimahi. Karena hingga kini dirinya juga masih menjabat sebagai Kadisdukcapil.

    Saat disinggung mengenai tugasnya selama tiga bulan ke depan, Suryadi mengakui tantangan terbesarnya ialah merealisasikan penyerapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Cimahi tahun 2018.

    "Waktunya singkat. Mudah-mudahan realisasi anggaran bisa sesuai harapan," ujarnya.

    Suryadi mengaku sudah menerima berkas tugas yang harus dikerjakan dari Sekda Kota Cimahi sebelumnya, Muhammad Yani. Namun untuk detailnya belum sempat diperiksa, tapi dirinya akan bekerja semaksimal mungkin agar semua anggaran bisa terealisasi.[jek]


    TAG :


    Berita TERKAIT