• Sedimentasi Penyebab Banjir Dikeruk Satgas Citarum

    Oleh : Rd Dani Rahmat Nugraha18 September 2018 18:14
    INILAH, Bandung- Pendangkalan (sedimentasi) di dasar Sungai Citarum, menjadi penyebab banjir di beberapa titik di wilayah Kecamatan Baleendah, Bojongsoang dan Dayeuhkolot.

    Untuk mengurangi banjir pada musim hujan, Satgas Citarum Harum dari Kodam III Siliwangi melakukan pengerukan di beberapa titik sungai yang dangkal dan yang menyebabkan penyempitan.

    "Pendangkalannya luar biasa, hingga menyebabkan lebar sungai menyempit dari sebelumnya sekitar 70 meter, tersisa sekitar 5-7 meter saja. Sehingga kami berinisiatif melakukan pengerukan, karena memang dampak penyempitan itu bikin banjir kepemukiman penduduk," kata Pangdam III Siliwangi, Harto Karyawan, saat meninjau lokasi pengerukan Sungai Citarum di Kecamatan Bojongsoang Kabupaten Bandung, Selasa (18/9/18).
    Dikatakan Harto, penyempitan terjadi karena sedimentasi yang terjadi di Sungai Citarum. Akibatnya saat musim hujan tiba air meluap dan terjadi banjir di tiga wilayah Kabupaten Bandung, Kecamatan Baleendaah, Bojongsoang dan Dayeuhkolot.

    "Dayeuhkolot ini banjir karena air mengalami sumbatan disini, tidak tertampung. Meluap dan banjir ke rumah warga. Sehingga kami berupaya mengengurangi resiko banjir ini dengan mengeruk di beberapa titik yang dangkal," ujarnya.

    TAG :


    Berita TERKAIT