• Headline

    Cimahi Kembangkan Wisata Militer

    Oleh : Ahmad Sayuti23 September 2018 18:52
    INILAH, Cimahi- Kota Cimahi tak memiliki banyak potensi wisata yang bisa dijual sebagai kearifan lokal. Wali kota Cimahi Ajay M Priatna meminta masyarakat ikut berperan dalam mensosialisasikan setiap destinasi wisata di Cimahi.

    Beberapa wilayah potensi jadi objek wisata di Cimahi, di antaranya wisata Kampung Adat Cireundeu, keberadaan bangunan heritage, dan wisata militer.

    "Masyarakat harus mengerti akan peran dan tuntutan untuk bisa mengembangkan kawasan wisata di daerahnya. Mereka bertanggung jawab menjadi penerima tamu dan tour guide bagi wisatawan yang berkunjung, dan di situ pentingnya hadir kelompok sadar wisata," katanya.

    Pemerintah belakangan ini sedang gencar-gencarnya menyiapkan wisata heritage dan wisata militer, namun proses perizinan dengan pihak TNI masih ditempuh dan belum bisa rampung dalam waktu dekat.

    "Untuk konsepnya sendiri, sampai sekarang masih dipikirkan, akan seperti apa kemasannya. Komunikasi dengan pihak TNI terus dilaksanakan, prosesnya agak panjang juga," tuturnya.

    Saat disinggung mengenai banyaknya bangunan heritage di Cimahi yang telah berubah bentuk secara total, Ajay mengaku agak sulit melakukan pengawasan dan pelarangan renovasi.

    "Karena kebanyakan bangunan itu kan dimiliki oleh TNI, jadi kita juga tidak bisa melarang mereka melakukan perubahan pada bangunan yang mereka miliki. Tapi kita sudah coba komunikasikan, biar tidak semakin banyak yang dipugar," ucapnya.

    Pemerintah juga akan menggandeng siswa-siswa sekolah yang diharapkan bisa membantu promosi wisata di Cimahi, mengingat peran media sosial yang erat dengan anak muda memiliki efektivitas yang sangat baik sebagai media promosi.


    TAG :


    Berita TERKAIT