• Oded: Masih Ada Kekurangan Administrasi Pembangunan Rumah Deret

    Oleh : Asep Pupu Saeful Bahri10 Oktober 2018 16:58
    Wali Kota Bandung Oded M Danial
    INILAH, Bandung - Wali Kota Bandung Oded Muhammad Danial mengatakan, masih terdapat kekurangan secara administrasi untuk pembuatan rumah deret di RW 11 Kelurahan Tamansari, Kecamatan Bandung Wetan.

    Salah satunya, sertifikat dari Badan Pertanahan Nasional (BPN) guna menegaskan status tanah kepemilikan yang juga masih belum beres.

    Keputusan membenahi kelengkapan administrasi ini menjadi langkah pertama Oded guna melanjutkan pembangunan rumah deret di Tamansari. Dia mengakui, untuk pertamakalinya digelar rapat bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) serta seluruh pihak terkait di unsur pemerintahan guna membahas rumah deret.

    "Ya masih ada kekurangan di sana-sini tapi secara hukum kepemilikan sudah banyak bukti-bukti Pemkot yang punya. Bahkan sertifikat juga sudah diproses sekarang ada di BPN," kata Oded seusai rapat di Mapolrestabes Kota Bandung, Jalan Jawa, Rabu (10/10/2018).

    Oded memaparkan, dengan menyempurnakan kelengkapan administrasi juga menjadi strategi untuk menutup celah yang bisa menjadi kelemahan Pemkot Bandung. Sehingga, hal itu tidak bisa dimanfaatkan oleh warga yang masih menolak pembangunan tumah deret untuk menumbangkan upaya Pemkot.

    "Kemudian kemarin kan di PTUN kita menang, oleh karena itu kita sekarang barusan saya minta kepada tim agar melengkapi berbagai celah-celah kekurangan kita baik secara hukum atau secara sosial. Itu yang kita berikan," tambahnya.

    Apabila semua kelengkapan administrasi telah tuntas, maka Oded pun menginstruksikan agar segera melakukan pengamanan aset. Praktis, bagi warga yang masih bertahan di lokasi tersebut akan langsung ditertibkan.

    "Ya kita langkah berikutnya penertiban aset, pengamann aset pemkot. Ya kalau penertiban sudah ga boleh di situ lagi. (kapan? Saya serahkan ke tim, nanti tim harus rapat lagi kan," tegas dia.

    Oded berharap dengan adanya rapat bersama seluruh pihak terkait ini bisa memberikan informasi secara lengkap. Sehingga, kata dia, Pemkot Bandung bisa mengambil angkah tepat dan bisa bisa berjalan lancar.

    "Saya berharap setelah kita mengsplorasi progres terakhir barusan ya dari sudut pandang berbagai aspek, ini mudah-mudahan berikutnya kita bisa melakukan menentukan sikap. Jadi barusan saya baru mengeksplorasi dari semua karena belum pernah kita rapat bareng-bareng seperti ini," pungkasnya. [gin]

    TAG :


    Berita TERKAIT