• Bawaslu Jabar Temukan Masih Banyak APK Tak Sesuai Aturan

    Oleh : Rianto Nurdiansyah11 Oktober 2018 19:51
    INILAH, Bandung-Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Barat menemukan banyak pelanggaran yang dilakukan para peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Kebanyakan soal Alat Peraga Kampanye (APK).

    Komisioner Bawaslu Jabar Abdullah mengatakan, bahkan ada beberapa kasus yang masuk tahap penyidikan.

    "Banyak peserta pemilu baik itu Caleg (Calon Legislatif) maupun Parpol melakukan pelanggaran. Kebanyakan soal APK (alat peraga kampanye)," ujar Abdulah usai acara Rakor dan Sosialisasi Pengawasan Kampanye Pemilu 2019 di Hotel Papandayan, Kota Bandung, Kamis (11/10/2018).

    Dia tambahkan, pelanggaran tersebut terjadi di beberapa daerah, salah satunya Indramayu. Di mana APK dipasang bukan di tempat yang ditentukan. Bahkan, ukurannya pun tak sesuai dengan yang ditentukan.

    Namun disinggung mengenai angka pelanggaran yang sudah terjadi selama tahapan pemilu, Abdullah mengaku belum memiliki data yang pasti.

    "Belum direkap, tapi pokoknya cukup banyak dan terjadi di beberapa daerah," jelasnya.

    Meski begitu, kata dia, bisa saja pelanggaran ini terjadi karena ada beberapa faktor. Misalnya, sosialisasi dari penyelenggara yang tidak sampai kepada para peserta pemilu walaupun tak menutup kemungkinan pelanggaran tersebut dilakukan karena sengaja.


    TAG :


    Berita TERKAIT