• Kota Bogor Optimis Raih Adipura

    Oleh : Rizki Mauludi10 Januari 2017 23:17
    fotografer: Rizki Mauludi
    INILAH,Bogor - Setelah mendapatkan Sertifikat Adipura, tahun ini Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor optimistis mampu meraih penghargaan Adipura 2017.

    Untuk menggapai target tersebut berbagai persiapan terus diupayakan, salah satunya adalah dengan membentuk tim khusus atau satuan petugas (satgas). Upaya lainnya yang digalakan adalah menetapkan beberapa lokasi prioritas yang akan digunakan untuk titik sample pemantauan Adipura tahun 2017.

    Menurut Ketua Tim Percepatan Pelaksanaan Prioritas Pembangunan (TP4) Kota Bogor Yayat Supriatna, penilaian Adipura saat ini tidak hanya soal kebersihan kota, tetapi juga bertujuan untuk mendorong kepemimpinan pemerintah kabupaten/kota, dan membangun partisipasi aktif masyarakat dan dunia usaha. "Selain itu Adipura juga bertujuan untuk mewujudkan kota-kota yang berkelanjutan dan mendukung penerapan prinsip-prinsip good governance di bidang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup berkelanjutan," ungkapnya pada Selasa (10/1/2017) siang.

    Yayat menuturkan, untuk Adipura saat ini kriterianya lebih berat, tidak hanya soal kebersihan tetapi juga tentang sistem manajemen yang digunakan. Terkait hal itu TP4 siap memfasilitasi rapat agenda mingguan untuk memantau perkembangan target yang akan dicapai untuk meraih Adipura 2017. "Agenda rapat tersebut akan fokus membahas tentang evaluasi Adipura terkait dengan proses penyesuaian Struktur Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) dan mengenai persiapan yang akan dilakukan untuk meraih Adipura 2017," terangnya.

    Sementara itu, menyambut penilaian Adipura 2017, Kelurahan Panaragan lebih intens menggalakkan kebersihan di wilayahnya. Salah satunya kebersihan di galakan di Jalan Veteran, karena penanganan kebersihan di Jalan Veteran diakui cukup sulit dengan adanya kendala keberadaan Pedagang Kaki Lima (PKL) dan parkir liar. "Meski sulit terkendala PKL dan parkir liar, namun saya akan tetap berupaya untuk menjadikan wilayah ini menjadi bersih. Kami akan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait seperti antara lain Dinas Perhubungan, Dinas Koperasi dan UMKM juga Satpol PP," tutur Lurah Panaragan Rika Riska Riana Dewi.

    Diakui Rika pihaknya sudah berulang kali melakukan pembinaan kepada para PKL, namun tidak lama kemudian mereka kembali lagi. Demikian pula dengan parkir, pihaknya sudah mengeluarkan imbauan dan bahkan teguran, tetapi sampai saat ini masih saja banyak yang melanggar. " Untuk kendala dua masalah itu, saya bersama Bhabinkamtibmas dan Babinsa serta warga akan lebih intens mengadakan gerakan kebersihan dan penghijauan. Gerakan kebersihan yang kami lakukan bukan hanya untuk meraih Adipura, tetapi melalui kegiatan ini kami berharap lingkungan menjadi bersih, sehat dan asri,"tutup Rika. [jek]