• Tumbuh Subur di Cisarua, BNN Amankan Pohon Jenis Katinona

    Oleh : Rishad Noviansyah20 April 2017 16:18
    INILAH, Bogor - Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Bogor kembali mengamankan pohon jenis Katinona yang tumbuh subur diatas lahan seluas 200 meter persegi di Kampung Sampay RT01/03, Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Kamis (20/4/2017).

    Sebagian besar pohon mengandung zat adiktif itu dimusnahkan di tempat, sementara sekitar 100 tahun dibawa untuk dilakukan cek laboratoroum.

    Kepala BNNK Bogor, Nugraha Setia Budhi menjelaskan, temuan Kantinona ini berawal dari laporan warga karena semakin maraknya penggunaan daun yang masuk dalam narkotika di wilayah Puncak, Kabupaten Bogor dan biasa digunakan oleh wisatawan asal Timur Tengah.

    "Kami berkoordinasi dengan Polsek Cisarua dan Sat Narkoba Polres Bogor untuk olah TKP dan mencari pemiliki dengan memeriksa saksi-saksi di TKP serta mencari asal usul tanaman ini," kata Nugraha Setia Budhi.

    Sejak tahun 2013, tanaman ini juga ditemukan sekaligus dilakukan pemusnahan masal. "Kami juga berkoordinasi Dit Narkoba Polda Jawa Barat dan mengambil beberapa tanaman untuk dilakukan penelitian di laboratorium di BNN Pusat," cetus Budhi.

    BNNK, Kepolisian beserta Pemerintah Kecamatan Cisarua juga melakukan penyisiran di sekitar lokasi untuk mencari ladang tanaman serupa. "Katinona masuk golongan 1 dalam Pasal 114 ayat 2 dan atau Pasal 111 ayat 1 UU Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika juntp LN Permenkes Nomor 2 Tahun 2017 golongan 1," tukas Budhi.

    Katinona sendiri mengandung zat monoaminaalkaloid yang mirip dengan ephedrine, katin dan zat amphetamine. "Efek yang ditimbulkan, ya kecanduan. Tapi, kadang daun ini dicampukan ke makanan seperti mie instan," tukas Budhi.

    Sementara Camat Cisarua, Bayu Rahmanto tidak menampik jika tanaman ini mudah ditemukan di Cisarua. "Banyak dan mudah ditemukan ternyata. Maka ini harus dicegah bersama-sama antar pemerintah dan masyarakat," kata Bayu. [jek]