• Headline

    Inilah Penyebab Lahan Tol Bocimi Susah Dibebaskan

    Oleh : Rishad Noviansyah18 Mei 2017 16:03
    INILAH, Bogor - Pemerintah Kota Bogor merespon cepat mengenai Perintah Sekda Provinsi Jawa Barat, Iwa Karniwa untuk membantu pembebasan lahan di beberapa simpul proyek Jalan Tol Bogor Ciawi Sukabumi (Bocimi).

    Wakil Walikota Bogor, Usmar Hariman menjelaskan, beberapa simpul itu meliputi pembebasan tanah wakaf berupa masjid, di Kelurahan Harjasari, Kecamayan Bogor Selatan, Kota Bogor, lalu permasalahan hukum dua bidang tanah dan relokasi jaringan pipa PDAM Tirta Pakuan.

    "Saya berharap untuk yang tanah wakaf ini, dibukakan pintu hidayah. Karena minta naik harga terus. Jadi sekarang masih negosiasi. Karena sebagian lahan yang akan dibebaskan masih lahan atas nama yang bersangkutan," kata Usmar, Kamis (18/5/2017).

    Sementara untuk relokasi jaringan pipa PDAM, saat ini dalam tahap pengukuran, sementara untuk pekerjaan konstruksi pemindahan jaringan telah dilelangkan oleh PDAM. Usmar meminta relokasi dilakukan secepatnya, karena permasalahan bukan ada di pemerintah daerah, melainkan dari PDAM sendiri.

    "Saya minta secepatnya. Karena tugas mereka untuk mencari lahan relokasi yang harus dibebaskan. Konstruksinya sudah dilelang jadi kalau lahan relokasinya sudah oke, bisa langsung dipindahkan," tukas Usmar.

    Satu simpul lagi, kata Usmar, terkait dua bidang lahan yang belum dibebaskan. Meski telah dikonsinyasi, namun dua pemilik lahan mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung (MA). "Pekan depan ada mediasi lagi. Jadi tinggal menunggu instruksi Ketua Pengadilan untuk eksekusi. Kalau itu sudah semua, tugas Pemkot Bogor sudah selesai," tegasnya. [jek]