• Headline

    Sandiaga-Bima Arya Jajaki Wujudkan Ciliwung Bebas Sampah di 2020

    Oleh : Rizki Mauludi20 Mei 2017 15:38
    INILAH, Bogor - Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih Sandiaga Uno ke Kota Bogor untuk mengikuti Saturday Morning Run bersama Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto.

    Dua tokoh muda itu bertemu dan membicarakan kerjasama antara dua wilayah Provinsi DKI Jakarta dan Kota Bogor sebagai penunjang ibu kota Indonesia itu.

    Keduanya terlihat akrab saat berlari, selain itu keduanya membuka acara lomba mulung sampah Ciliwung untuk menjaga pelestarian sampah sungai Ciliwung yang diselenggarakan Komunitas Peduli Ciliwung (KPC) dan berkomitmen untuk kerjasama terkait sampah Ciliwung.

    Bima Arya menuturkan, saturday Morning Run merupakan agenda rutin yang dilakukan setiap Sabtu pagi, oleh komunitas lari Bogor Runner. Dalam kesempatan lari bersama itu, dirinya dengan Sandiaga berlari mengelilingi Kota Bogor dengan panjang lintasan kurang lebih 10 kilometer.

    "Saturday Morning Run adalah kegiatan rutin komunitas lari Bogor Runner setiap Sabtu. Saya sering ikut dan sekarang ada Mas Sandiaga Uno ikut berlari," ungkapnya Bima usai kegiatan lari pada Sabtu (20/5) siang.

    Bima menambahkan, selain untuk mempromosikan Kota Bogor sebagai city of runner (kota pelari) yang telah dicanangkan beberapa waktu lalu, kedatangan Sandiaga juga dimanfaatkan untuk menjalin komunikasi dengan pemerintah DKI Jakarta.

    "Setelah lari akan ada pembicaraan khusus kerja sama Kota Bogor dengan DKI Jakarta terkait masalah transportasi, lingkungan hidup dan perekonomian," tutur Bima.

    Sementara Sandiaga Uno mengatakan, dirinya akan menjabat pada Oktober 2017 mendatang. Jakarta dan Bogor harus bekerjasama, di mana ada 13 sungai yang melintasi Jakarta sebagian melintasi Bogor jadi harus dikerjasamakan.

    "Saya menyusuri sungai 3 sampai 4 sungai yang ditelusuri. Terima kasih partisipasi relawan, 2020 Ciliwung Insha Allah bebas sampah," ungkapnya.

    Sandi melanjutkan, di Kota Bogor ada penghormatan khusus bagi pejalan kaki dan pelari. Bogor City of Runner cocok untuk Kota Bogor, biasanya di tempat lain runners harus minggir.

    "Pak Wali memberi kejutan dengan ada lonba mungut sampah Ciliwung dengan adanya itu bukan hanya warga Bogor, tapi Jakarta juga menikmati, jadi hatur nuhun pisan. Tahun depan saya akan kerjasama terkait Ciliwung ini, kita kolaborasi dengan pola open goverment," tuturnya.

    Sandi menjelaskan, tidak perlu saling tuding penyebab banjir Jakarta, yang penting berkolaborasi. "Kang Wali Kota Bogor perlu apa akan dibantu, bersama-sama untuk dinikmati bersama-sama. Kolaborasi lah, tidak zaman tuding menuding. Zamannya bekerja sama," tutupnya. [ito]