• Headline

    PNS Kota Bogor Dilarang Cuti dan Keluyuran di Mal

    Oleh : Rizki Mauludi19 Juni 2017 16:11
    INILAH, Bogor - Badan Kepegawaian dan Pengambangan Sumber Daya Aparatur (BKPSDA) Kota Bogor menegaskan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kota Bogor tidak boleh cuti sebelum dan sesudah Idul Fitri 1438H dan PNS juga harus disiplin waktu.

    Pada Senin (19/6) siang BKPSDA menerjunkan tim untuk melakukan sidak ke beberapa pusat perbelanjaan dan juga pasar-pasar di Kota Bogor, dengan tujuan menjaring PNS yang nakal berbelanja di saat jam kerja.

    Kepala BKPSDA Kota Bogor, Fetty Qondasyah mengatakan, hal itu sesuai surat Edaran walikota no 851/2006-organisasi tentang perubahan hari cuti bersama hari raya. Menindaklanjuti Kepres no 18 tahun 2017, tentang cuti bersama tahun 2017 tanggal 15 Juni .

    "Menetapkan cuti bersama yaitu pada tnaggal 23, 27,28,29 Juni 2017 sebagai cuti bersama hari raya Idul Fitri 1438 H. Unit kerja satuan organisasi yang tetap memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat seperti rumah sakit, puskesmas dan unit kerja yang memberikan pelayanan telekomunikasi, listrik dan air minum ataupun perbankan, perhubungan serta lainnya," ungkapnya kepada INILAH, pada Senin (19/6).

    Fetty melanjutkan, kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar mengatur penugasan pegawai atau karyawan pada hari libur nasional dan cuti bersama yang ditetapkan sesuai peraturan perundang-undangan.

    "Pelaksanaan cuti bersama tidak mengurangi hak cuti tahunan pegawai, sesuai peraturan perundang-undangan dan ketentuan instansi ataupun perusahaan yang bersangkutan,"terangnya.

    Selain itu, setiap pimpinan organisasi dan OPD melakukan pemantauan terhadap pelaksanaan hari libur nasional dan cuti bersama di lingkungan masing-masing. Apabila ada PNS yang tidak masuk kerja tanpa alasan yang jelas, setelah cuti bersama maka diambil langkah disiplin sesuai peraturan perundang-undangan.

    "Sanksinya teguran lisan, tapi tertulis juga ada. Masa sudah cuti panjang, masih mau meliburkan diri. Harusnya diwajibkan masuk PNS," tuturnya.

    Sementara untuk jam masuk kerja menjelang Idul Fitri, Fetty menegaskan, masih sesuai dengan jam kerja biasanya. Untuk mengantisipasi adanya PNS yang 'nakal' pihaknya melakukan sidak ke mall dan pasar dengan membentuk tim BKPSDA.

    "PNS itu tidak boleh berbelanja di saat jam kerja, kami menerjunkan tim ke mall dan paar Sekota Bogor. Hari ini tangkapannya ada 3 PNS yang sedang di dalam mall saat jam kerja. Dua wanita di Lippo Mall Sukasari dan satu laki-laki di mall BTM, mereka akan dibina kepala OPD masing-masing dan diberi surat teguran," tutupnya. [ito]