• Headline

    Wow, Golf Merambah ke Ekskul Sekolah

    Oleh : Rizki Mauludi13 Agustus 2017 21:45
    INILAH, Bogor - Persatuan Golf Indonesia (PGI) Kota Bogor siap untuk memunculkan atlet-atlet golf berbakat dari Kota Bogor. PGI Kota Bogor dengan kepengurusan barunya menggalakan olah raga golf masuk ke sekolah-sekolah di Kota Bogor.

    Hal tersebut menampik bahwa olah raga golf merupakan olah raga yang mahal dan ekslusif. Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Bogor dan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor siap untuk memsuport program PGI Kota Bogor tersebut.

    Ketua PGI Kota Bogor, Irfan Ferdiansyah mengatakan, pihaknya ingin merubah paradigma bahwa golf merupakan olahraga yang ekslusif, olah raga orang tua dan olahraga yang mahal. PGI juga mempunyai fungsi pembinaan untuk atlet golf Kota Bogor, karena itu dicoba golf go to school.

    "Kami masih mencari bentukannya seperti apa, apakah kami yang ke sana memberikan pengenalan atau mereka yang diundang ke sini untuk driving langsung. Komitmen Muspida dan Pemkot Bogor untuk mensuport PGI sangat luar biasa," ungkap Irfan usai pelantikan PGI Kota Bogor pada Minggu (13/8) sore di Bogor Raya Club Golf.

    Irfan melanjutkan, pihaknya mencoba melakukan pengenalan dari driving, untuk sekolah masih dipilih sekolah mana saja yang akan dimasukan ekstrakulikuler (ekskul) golf.

    "Kami memilih sekolah mana yang bisa cocok ada ekskul golf, dilihat ada beberapa yang bisa dan salah satunya Sekolah Bogor Raya (SBR), semua sekolah Negeri di Kota Bogor. Selain itu dari driving terlihat anak mana saja yang punya potensi. Untuk latihan ada dua yaitu lapangan Bogor Raya Club Golf dan lapangan Bogor Golf Club," tambahnya.

    Sementara Ketua KONI Kota Bogor, Benninu Argoebie mengatakan, setiap cabang olah raga harus bisa berinovasi dengan mendirikan sekolah atau mereka yang masuk ke sekolah-sekolah masuk kedalam ekskulnya. Program golf go to school akan melahirkan talenta muda golf berbakat.

    "Kami sangat mendukung 100 persen langkah PGI, saya juga sudah berkomunikasi dengan beberapa sekolah swasta, seluruh sekolah negeri hingga tingkat universitas. Semoga langkah PGI di contoh semua cabang olah raga lain, selain itu ada judo dan karate yang sudah masuk ke sekolah dengan bukti prestasinya semakin naik," terangnya.

    Sekda Kota Bogor, Ade Sarip Hidayat menjelaskan, perlu regenerasi untuk atlet di Kota Bogor apapun olah raganya, atlet itu bisa muncul kalau ada dukungan dari sekolah khususnya guru olah raga yang bisa melihat potensi siswanya," tuturnya.

    Ade melanjutkan, ada baiknya golf dikenalkan kepada sekolah agar memunculkan minat siswa. Dengan persepsi golf mahal padahal bisa dirasakan menjadi penghasilan yang luar biasa. Pemkot Bogor mendukung dengan membuka PGI Kota Bogor bisa masuk ke sekolah-sekolah.

    "Didukung juga kalau ada potensi atlet dengan dukungan peralatannya kalau atlet tersebut mempunyai kemampuan tapi untuk membeli alatnya tidak bisa. Sarana dan Prasarana harus dipenuhi PGI Kota Bogor, agar atlet juga bisa terpacu semangatnya," pungkasnya. [jek]