• Bappenda Penuhi Target Pajak Restoran Triwulan III

    Oleh : Rishad Noviansyah08 September 2017 18:41
    INILAH, Bogor- Badan Pengelolaan dan Pendapatan Daerah (Bappenda) Kabupaten Bogor berhasil memenuhi target capaian pajak restoran pada triwulan III 2017. Hingga September Bappenda telah menarik pajak restoran sebesar Rp72,1 miliar atau 75,48% dari target pajak restoran hingga akhir 2017 sebesar Rp95,5 miliar.

    Kepala Bappenda Kabupaten Bogor, Dedi A Bachtiar mengungkapkan, dalam periode tersebut, rata-rata realisasi per bulan dengan piutang perolehan pajak restiran mencapai Rp9,01 miliar.

    "Dari target di tahun 2017 kami sudah peroleh 75,48% diantaranya. Target wajib pajak (WP) sendiri ada 483," kata Dedi.

    Menurutnya, dalam Peraturan Daerah (Perda) Nomor 2 Tahun 2016, paja restiran merupakan salah satu dari 10 jenis pajak yang diatur di dalamnya. Dia menegaskan, capaian realisasi pajak 75,48% di triwulan II ini didukung beberapa faktor.

    "Diantaranya meningkatnya kesadaran WP dalam membayar. Tewrbukti dengan 474 WP telah membayar. Artinya, 98,14% WP telah taat pajak," kata dia.

    Faktor lain, kata Dedi, adanya kemudahan pembayaran pajak restiran melalui sistem elektronik (e-SPTPD). "Lalu, pada 2017 ini telah dilakukan ekstetifikasi pajak restoran sebanyak 58 WP dengan jumlah ketetapan Rp2,4 miliar.

    Selain itu, intensifikasi pajak restoran dilakukan juga dilakukan secara berkala terhadap potensi objek pajak restiran yang ada di Bumi Tegar Beriman. "Kami juga sosialisasikan terus dan lakukan pembinaan kepada pengusaha restiran selaku WP yang sudah tertuang dalam perda," cetusnya.

    Dia menerangkan, penagihan pajak daerah secara optimal lewat surat panggilan kepada WP yang belum memenuhi kewajibannya atau melakukan koordinasi dan komunikasi langsung kepada subjek pajak dan objek pajak. "Terakhir pelayanan pajak daerah di 20 UPT Pajak juga optimal dengan memfasilitasi pelayanan pembayaran dan pendaftaran pajak restoran," ungkapnya.

    Bappenda pun mengapresiasi para WP restoran yang telah membayar kewajibannya secara tepat waktu dan tepat jumlah. Untuk mengoptimalkan pencapaian target pajak restoran sampai akhir tahun 2017, Bappenda juga mengimbau kepada seluruh wajib pajak restoran yang belum membayar agar dapat melaksanakan kewajibannya.

    Adapun para calon wajib pajak/pengusaha restoran yang belum terdaftar sebagai wajib pajak agar dapat mendaftarkan ke Bappenda, khususnya Bidang Pajak Daerah atau UPT Pajak Daerah yang terdapat di wilayah Kabupaten Bogor. Pelaku usaha restoran yang telah melaksanakan kewajibannya membayar pajak berarti telah berperan dalam pembangunan di Kabupaten Bogor guna mewujudkan Kabupaten Bogor menjadi Kabupaten Termaju di Indonesia. [jek]



meikarta.. the world of ours