• Headline

    Pilbup Bogor Ditetapkan 27 Juni 2018

    Oleh : Rishad Noviansyah11 September 2017 12:11
    INILAH, Bogor- Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Bogor bersama Panitia Pengawasa (Panwas) menetapkan jumlah dukungan bagi bakal balon (balon) Bupati Bogor dari perseorang minimal 271.731 dukungan.

    Ketua KPUD Kabupaten Bogor, Haryanto Surbakti menjelaskan, syarat minimal dari perseorangan harus tersebar di 21 kecamatan se-Kabupaten Bogor, yang didasari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014.

    "Sekitar 6,5% dari keseluruhan jumlah suara di Kabupaten Bogor," kata Haryanto, Senin (11/9).

    "Persyaratan ini akan disosialisasikan ke masyarakat umum, Rabu (13/9) dengan mengundang masyarakat umum yang ingin maju lewat jalur independen serta Disdukcapil untuk membahas aturan, soal KTP dukungan untuk perseorangan," katanya.

    Sementara balon dari parpol, kata dia, setidaknya memiliki dukungan 10 kursi di DPRD. Jika jumlah kursi partai belum mencukupi, mereka harus berkoalisi dengan partai lain.

    Jumlan persentase kursi di DPRD setara dengan 25% suara sah dalam Pemilu 2014. "Partai atau gabungan partai harus mendapatkan minimal dukungan 25% suara pada Pemilu 2014 atau sekitar 554.662 suara," tegas Haryanto.

    KPUD juga berencana membahas daftar pemilih berkelanjutan, dengan mengundang perguruan tinggi, lembaga pemasyarakatan dan balai-balai pendidikan yang mengelola sekolah tingkat atas.

    “Pencoblosan sendiri ditetapkan pada 27 Juni 2018, sementara pengumpulan dukungan balon perseorangan ditetapkan pada 25-29 November 2017. Tahap pendaftaran calon juga mengingatkan beberapa hal penting, salah satunya mengenai kesesuaian identitas balon seperti di KTP elektronik, ijazah dan identitas diri lainnya. Sebab, kesesuaian ini akan berpengaruh terhadap surat suara," katanya.

    Tahapan persiapan lain, kata dia, pada 12 Oktober hingga 12 November 2017 akan dibentuk badan ad hoc untuk pembentukan panitia tingkat kecamatan dan panitia tempat pemungutan suara di 435 desa /kelurahan.[ito]