• Bogor Ekspor Ikan Hias Senilai Rp124 Juta Setiap Pekan

    Oleh : Reza Zurifwan14 Maret 2018 22:00
    INILAH, Bogor - Project Manager Petshop LLC Dubai Uni Arab Emirat (UAE) Tom terkesan dengan kebersihan dan kenyamanan yang ada di Koperasi Bursa Ikan Hias Laladon Berkah Bersama.

    Didepan petani ikan hias, jaaran Dnas Perdagangan dan Industri (Disdagin) dan Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanan), Tom pun berjanji akan meningkatkan jumlah eksport ikan hias dari Bogor menuju Dubai, UAE.

    "Saat ini eksport ikan hias dari Kabupaten Bogor sudah mencapai 20 boks dengan total nilai sebesar Rp124 juta dalam seminggu, karena Saya puas karena melihat kondisi ikan dan nyaman dalam mengunjungi Koperasi Bursa Ikan Hias Laladon Berkah Bersama maka kuota import ini akan Saya tambah," ujar Tom kepada wartawan, Rabu (14/3).

    Ia optimis ikan hias asal Kabupaten Bogor banyak diminati oleh penggenar ikan hias di UAE atau negara timur tengah lainnya dan Tom meminta Koperasi Bursa Ikan Hias Laladon Berkah Bersama bisa memenuhi permintaan yang ada.

    "Ikan hias seperti jenis tetra, rainbow, silver dollar, tiger barb, chiclid, rasbora dan lainnya sangat disukai baik oleh keluarga kerajaan maupun masyarakat umum. Kami optimis ikan hias hasil budidaya petani ikan di Kabupaten Bogor bisa bersaing di pasar ikan nias negara-negara semenanjung arab," sambungnya.

    Kepala Diskanan Siti Farikah menjelaskan keberhasilan petani ikan hias dalam mengeksport langsung ke luar negeri adalah hasil kerjasama dan pembinaan Diskanan, Disdagin maupun dinas terkait lainnya.

    "Kalau dulu yang bisa mengeksport ikan hias adalah perusahaan, untuk kali ini langsung dilakukan oleh kelompok petani ikan hias. Saat ini Kita sudah bisa mengeksport 50 jenis ikan hias baik ikan bias air tawar maupun ikan hias air laut," jelas Siti Farikah.

    Ia berharap kelompok petani ikan hias lainnya bisa mencontoh langkah atau bergabung dengan Koperasi Bursa Ikan Hias Laladon Berkah Bersama.

    "Sentra ikan hias yang ada di Cibinong maupun Parung bisa mencontoh keberhasilan Koperasi Bursa Ikan Hias Laladon Berkah Bersama. Kami siap memfasilitasi kelompok tani ikan hias yang ada agar taraf perekonomian mereka juga bisa meningkat," harapnya.

    Kepala Disdagin Dace Supriyadi menuturkan ikan hias dari Kabupaten Bogor sudah teruji baik dari segi kelayakan maupun daya tahan hidupnya.

    "Ikan hias dari Kabupaten Bogor itu dari segi fisik itu bagus dan hanya sedikit yang mati dalam pengiriman ikannya. Hingga importir dari Dubai, UAE sangat antusias mendatangkan ikan hias dari petani ikan Kita," tutur Dace.

    Eksport ikan hias ini tak hanya berhenti di Dubai, tapi juga akan dieksport ke negara asia lainnya seperti Irak, Jepang,Taiwan, Singapura dan lainnya.

    "Kami akan membuka pasar ikan hias ke Irak, Jepang, Taiwan, Singapura dan negara asia lainnya. Kalau Diskanan membina petani ikan hiad dalam teknis pembudidayaan maka Disdagin membina mereka dari segi manajemen, psikologis, pemasaran dan juga membantu mencarikan modal," lanjut mantan Kepala Dinas Pendidikan ini.

    Ketua Koperasi Bursa Ikan Hias Laladon Berkah Bersama Muhaiminan sangat berterima kasih dengan Pemkab Bogor karena sudah melakukan pembinaan kepada para petani ikan hias.

    "Koperasi Bursa Ikan Hias Laladon Berkah Bersama yang memiliki 30 angggota tak hanya berterima kasih atas peran Pemkab Bogor yang sudah melakukan pembinaan dan juga mencarikan pasar hingga ke luar negeri tetapi juga kepada Kementerian Kelautan Perikanan yang sudah memberikan bantuan bangunan kios. Kami berharap kedepan makin banyak order ke luar negeri karena dari segi harga jual lebih tinggi jika Kita menjual ke pasar lokal," pungkas Muhaiminan. [jek]

    TAG :


    Berita TERKAIT