• Headline

    Kampung Mural, Wisata Baru di Kota Hujan

    Oleh : Rizki Mauludi18 Maret 2018 16:56
    INILAH, Bogor - Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor bersama 101 Hotel Bogor atau Panorama Group membuat kampung mural di Pulo Geulis, Kelurahan Babakan Pasar, Kecamatan Bogor Tengah pada Minggu (18/3) siang. Kampung mural akan menjadi destinasi wisata baru Kota Bogor dengan keberagaman budaya dan kuliner yang ada di Pulo Geulis.

    CEO Panorama Group, Budi Tirtawisata mengatakan, pihaknya membuat kampung mural untuk memajukan industri kreatif dan wisata lokal. Selain Kota Bogor, akan dibuat juga di Yogyakarta, Bandung, Malang, Jakarta dan akhirnya di Bali.

    "Kegiatan ini lanjutan dari acara Travel Sketch. Kenapa dipilih Kota Bogor?, karana mendapatkan sambutan luar biasa dari masyarakat pulo Geulis di Kota Bogor," ungkapnya.

    Budi melanjutkan, dipilih lukisan mural karena bisa menarik perhatian dari masyarakat melalui media sosial atau dari promosi. Setelah dikenal kemudian ditingkatkan promosi dari kuliner dan kebudayaan masyarakat sekitar.

    "Karena itu sambil promosi, coretan harus dijaga agar tidak ada coretan yang tidak artistik. Ini kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) dari 101 Hotel Bogor," tambahnya.

    Sementara, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud), Shahlan Rasyidi menuturkan, pariwisata prioritas nomor dua Kota Bogor, sehingga dipikirkan bagaimana mendatangkan wisatawan ke Kota Bogor. Untuk kampung mural ada kerjasama yang baik dari masyarakat dengan berbagai pihak, sehingga tercipta destinasi wisata baru.

    "Nantinya di Kota Bogor ada 52 kampung tematik, tahun 2018 ada tujuh yang direalisasikan, salah satunya Puko Geulis. Ada juga di Kelurahan Cikaret dan Katulampa, Mulyaharja, Ciawaringin Marga Jaya dan Semplak," terangnya didampingi Canat Bogor Tengah, Agustiansyach.

    Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Berkraf), Triawan munaf mengatakan, sangat senang melihat gerakan komunitas dalam aksinya untuk membuat mural dan coretan artistik, Berkraf mendukung hal ini.

    "Melihat keseriusan dari masyarakat juga komunitas saya apresiasi, ini akan menjadi destinasi wisata sangat menarik. Semua lengkap di Kota Bogor ini luar biasa," tuturnya.

    Triawan berjanjit, pihaknya akan membantu dari segi anggaran, tetapi harus mengajukan program terlebih dahulu kampung yang akan menjadi tematik di Kota Bogor ini. Melihat gerakan komunitas seperti ini, pariwisata Kota Bogor bisa maju pesat.

    "Harus digali potensi yang ada, terutama dari cerita tempat yang akan dijadikan destinasi wisata. Saya yakin akan berkesinambungan kerjasama dengan berbagai pihak," pungkasnya.

    Diketahui, bahwa di Pulo Geulis terdapat juga Klenteng tertua di Kota Bogor yaitu Klenteng Phan Ko Bio. Sehingga menjadi tempat yang sangat kental dengan nilai-nilai plrularisme dari suku, budaya dan agama. Dengan adanya hal tersebut sangat menunjang kampung mural menjadi destinasi wisata Kota Bogor.[jek]

    TAG :


    Berita TERKAIT