• Headline

    Pemkot Bogor Kembali Garap Flyover Martadinata

    Oleh : Rishad Noviansyah16 Mei 2018 18:45
    fotografer: Inilah/Rishad Noviansyah
    INILAH, Bogor - Pembangunan flyover atau jalan layang di Jalan RE Martadinata, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, yang sempat terhenti tahun lalu mulai kembali berjalan tahun ini.

    Saat ini pembangunan flyover dibiayai APBN dengan skema multiyear senilai Rp92 miliar dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional.

    "Progres saat ini kami tengah menunggu peta bidang dari Badan Pertanahan Nasional (BPN). Peta bidang ini menjadi dasar nanti untuk pembebasan lahan. Lahan yang akan digunakan sekitar 504 meter persegi," ungkap Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Bogor, Chusnul Rozaqi pada Rabu (16/5/2018) siang.

    Chusnul melanjutkan, Kementerian PUPR sebenarnya meminta untuk segera diselesaikan. Pasalnya, pihaknya berjanji menyampaikan hasil peta bidang akhir Juni nanti, karena segera mulai lelang tender pembangunan flyover.

    "Yah, ini jangang sampai telat, kerena memungkinkan ada diskresi lagi anggaran untuk flyover. Jadi kami tinggal menunggu hasil peta bidang saja," tambahnya.

    Chusnul juga mengatakan, pembebasan lahan dengan estimasi anggaran sebesar Rp14 miliar itu merupakan lahan tambahan hasil finalisasi desain oleh Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional.

    "Itu sudah final, kebutuhan untuk lahan segitu," terangnya.

    Sebelumnya, Pemkot Bogor pada 2016 telah melaksanakan kegiatan pembebasan lahan yang akan digunakan untuk flyover seluas 1.215 meter persegi dari 18 bidang tanah dengan anggaran Rp10 miliar terbagi dua sesi yakni Rp4 miliar di APBD Murni dan Rp6 miliar di APBD-P. [gin]

    TAG :


    Berita TERKAIT