• Harga Sembako Naik, Satgas Pangan Segera Bergerak

    Oleh : Rizki Mauludi22 Mei 2018 18:47
    INILAH, Bogor - Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor Ade Sarip Hidayat menginstruksikan PD Pasar Pakuan Jaya bersama dinas terkait untuk intens memantau harga-harga kebutuhan pokok berikut kondisi stok pangan secara umum di pasar-pasar tradisional Kota Bogor selama bulan Ramadan.

    "Saya melihat kondisi yang ada di lapangan selama beberapa hari bulan puasa ini dan berdasarkan laporan, di mana sudah terjadi kenaikan harga sejumlah kebutuhan pokok seperti daging ayam yang telah naik harganya dibanding sebelum bulan puasa," ungkap Ade Selasa (22/5) sore.

    Ade melanjutkan, hal itu harus menjadi perhatian khususnya dari dinas terkait, dan PD Pasar Pakuan Jaya.

    "Koordinasi dan komunikasi harus terus dijalin dengan baik demi kepentingan masyarakat. Jika diperlukan, lakukan sidak ke lapangan. Jika memang diperlukan untuk dilakukan operasi pasar, silahkan untuk dikoordinasikan," beber Ade.

    Sementara itu Satuan Petugas Pangan (Satgas Pangan) Kota Bogor yang tergabung dalam institusi TNI-Polri bersama pemenrintah daerah dan Bulog terus memantau perkembangan pangan di pasaran.

    Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi adanya pedagang nakal yang memanfaatkan momentum puasa dan lebaran berbuat curang.

    Kasat Reskrim Polresta Bogor Kota Kompol Didik Purwanto mengatakan, dari pihak kepolisian akan memantau tiga aspek, yaitu memastikan pasokan pangan aman, tidak ada penimbunan dan ketiga tidak ada kenaikan harga yang signifikan.

    "Ketiga hal itu yang coba kami kontrol, kami ada tim satgas itu tergabung dalam beberapa institusi terkait TNI-Polri pemerintah daerah dan bulog itu sendiri," katanya.

    Didik melanjutkan, untuk memaksimalkan kinerja satgas pangan, pihaknya juga melakukan koordinasi dengan beberapa institusi. Pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Disperindag Kota Bogor.

    "Kami juga sudah melaksanakan sidak dengan muspida beberapa waku lalu. Untuk lanjutannya kami akan melaksanakan kegiatan yang sama, sehingga saat bulan puasa dan saat akan lebaran," jelasnya.

    Didik menegaskan, nantinya jika ditemukan ada pedagang yang nakal pihak kepolisian pun tidak segan untuk menindak secara tegas.

    "Kami yang akan menindak pedagang yang nakal," pungkasnya.


    TAG :


    Berita TERKAIT