• Headline

    Antrean dari Jam 2 Malam, Bima Minta Urus KTP-El Bisa di Kecamatan

    Oleh : Rizki Mauludi03 Juli 2018 17:12
    INILAH, Bogor - Wali Kota Bogor Bima Arya melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bogor untuk merespon keluhan antrean ratusan warga Kota Bogor yang ingin mengurus KTP-el mencapai kurang lebih satu kilometer.

    Bima tiba di Kantor Disdukcapil Kota Bogor sekira pukul 05.30 WIB. Bima yang mengenakan pakaian berwarna hitam langsung menerima keluhan warga yang datang dari seluruh kecamatan SeKota Bogor dan warga rata-rata mengaku datang ke kantor Disdukcapil sejak pukul 02.00 WIB.

    Bima menyampaikan akan mengevaluasi sistem pelayanan pengurusan KTP-el sehingga lebih praktis, efisien dan lebih cepat. Bahkan kepada warga yang sedang mengantre, Bima memberikan penjelasan proses KTP-el siap dicetak.

    Bima mengatakan, data kependudukan hasil rekaman terlebih dahulu diverifikasi dan divalidasi pemerintah pusat (Kemendagri) guna menghindari data ganda, jika sudah diverifikasi akan dikirim kembali untuk kemudian dicetak. Dalam sehari maksimal Disdukcapil Kota Bogor mampu mencetak 1.000 keping KTP-el.

    "Kami akan evaluasi agar antrean seperti ini tidak terulang kembali. Saya akan coba upayakan dan dorong agar Disdukcapil lebih cepat dan lebih banyak mencetak KTP-el," ungkapnya di hadapan warga.

    Bima juga menginstruksikan agar pelayanan pendaftaran pencetakan KTP-el kembali dilakukan di masing-masing Kecamatan, berlaku mulai, Rabu (4/7), hal itu dilakukan untuk memudahkan warga dalam mendapatkan dokumen kependudukan KTP-el.

    "Beberapa hari ini saya menerima kelurahan dari warga yang mengantre cukup lama di Disdukcapil, kemudian tadi pagi saya cek ba’da shubuh antreannya panjang sekali, mungkin tadi ada hampir 1000 lebih warga yang mengantre," katanya.

    Bima membeberkan, bagi yang ingin mencetak KTP-el dipersilahkan datang langsung ke kecamatan masing-masing. Di kecamatan akan dilayani oleh petugas untuk dicek ke Disdukcapil apakah KTP-el sudah siap dicetak atau belum.

    "Kalau sudah siap dicetak nanti akan dihubungi melalui telepon oleh petugas kapan bisa diambil di kelurahan masing-masing, maksimal 14 hari kerja yang siap dicetak. Tetapi bagi yang belum siap dicetak, ini berarti ada masalah dalam hal pendataan. Silahkan langsung mendatangi Disdukcapil Kota Bogor, nanti akan dilayani dan diberikan informasi lebih detail," beber Bima.


    TAG :


    Berita TERKAIT