• Headline

    99 Tahun, Mak Tiah Jamaah Haji Paling Tua

    Oleh : Rishad Noviansyah19 Juli 2018 18:35
    INILAH, Bogor- Bupati Bogor Nurhayanti melepas pemberangkatan perdana calon jamaah haji Kabupaten Bogor, Kamis (19/7).

    Yanti melepas keberangkatan kloter 10 berjumlah 404 jamaah dari Gedung Tegar Beriman, Cibinong menuju asrama embarkasi di Bekasi.

    Nurhayanti memastikan, Pemkab Bogor telah memberi fasilitas transportasi bagi seluruh jamaah haji, termasuk biaya angkut koper jamaah. Dia pun meminta masyarakat yang masih berada dalam daftar tunggu untuk bersabar.

    "Itu kan ketentuan pemerintah. Daftar tunggu ada 51 ribu jamaah kurang lebih 15 tahun. Jadi sabar karena keterbatasan kuota," kata Nurhayanti.

    Tahun ini, calon jamaah haji Kabupaten Bogor 3.363 orang terbagi dalam 13 kloter. Pada gelombang pertama diberangkatkan lima kloter dengan jadwal mulai 19-26 Juli 2018 dan semuanya terisi penuh 404 jamaah di masing-masing kloter.

    Sementara gelombang dua diberangkatkan sembilan kloter dengan jadwal pemberangkatan 29 Juli-14 Agustus 2018. "Saya harapkan jamaah mempersiapkan diri sebaik mungkin, mulai fisik hingga mental," kata dia.

    Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bogor Syamsudin menjelaskan, tahun ini ada beberapa perbedaan dalam pelayanan calon jamaah haji.

    "Tahun lalu, untuk makan jamaah cuma 25 kali. Tapi tahun ini 40 kali. Paling ada antara 4-5 hari tidak dikirim karena hari Mina dan pasca hari Mina. Jadi katering enggak bisa kirim ke hotel karena macet. Jadi jamaah beli sendiri dan sudah disiapkan living cost sekitar Rp5,3 juta per orang," kata Syamsudin.

    Jadi, dia mengimbau calon jamaah tidak perlu repot membawa beras atau penanak nasi untuk keperluan makan. "Ini bentuk pelayanan pemerintah. Jadi enggak perlu bawa yang berat-berat," katanya.

    Dia mengimbau masyarakat mempersiapkan diri sebaik mungkin dibanding memikirkan bekal makan di Tanah Suci.

    "Persiapkan fisik, mental. Di setiap kloter, kita siapkan juga enam pendamping dari tim kesehatan, pendamping dari provinsi dan daerah," katanya.

    Dia mengungkapkan calon jamaah haji tertua tahun ini berusia 99 tahun atas nama Tiah binti Bashar asal Kecamatan Cigudeg dan termuda 19 tahun atas nama M Khosim Basir asal Babakanmadang.

    TAG :


    Berita TERKAIT