• Satpol PP Siap Dorong Relokasi PKL Surken

    Oleh : Rizki Mauludi26 September 2018 17:00
    fotografer: INILAH/Rizki Mauludi
    INILAH, Bogor - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bogor harus menyiapkan 250 personel guna mensterilkan Pedagang Kaki Lima (PKL) malam yang berjualan di Jalan Suryakencana (Surken), Kelurahan Babakan, Kecamatan Bogor Tengah. Hal itu dilakukan sejalan dengan rencana pembangunan pedestrian di Surken.

    "Konsepnya pedagang malam yang mayoritas jualan sayuran tidak mungkin lagi untuk menempati Jalan Surken lagi. Dan ini sudah fiks," kata Kepala Satpol PP Herry Karnadi, Rabu (26/9/2018) sore.

    Heri melanjutkan, keberadaan PKL malam yang jumlahnya mencapai sekitar 185 pedagang tersebut akan direlokasi ke pasar Sukasari, sesuai arahan Wali Kota Bogor Bima Arya.

    "Tetapi saat ini sedang dalam pembahasan dengan SKPD terkait menyangkut penataan PKL siang hari yang rata-rata pedagang kuliner. Ada beberapa PKL siang sifatnya karateristik khas Surken seperti penjual martabak, soto kuning yang pak wali tidak mau menghilangkan," tambahnya.

    Heri menjelaskan, kecuali bagi PKL yang sifatnya bukan karateristik seperti buah, rongsokan, jam mungkin itu akan dipindahkan dengan tempat belum dipastikan. "Tapi ini masih sedang digodok agar tidak menggangu keindahan di situ," jelas Herry.

    Heri menekankan, saat ini tengah proses sosialisasi dan berkaitan dengan penertiban PKL malam setelah diketahui pemenang tender pembangunan pedestrian.

    "Yah, pastinya kebutuhan personil banyak minimal sekitar 250 personil dibantu oleh pihak lain. Tapi harapakan kami ada kesadaran dari pedagang juga," tuturnya.

    Wali Kota Bogor Bima Arya mengatakan, PKL sebelah kanan jalan Surken sudah terlebih dahulu di cek beberapa waktu lalu dan hari ini ia mengecek sisi sebelah kiri.

    Dari data dan hasil interaksi secara langsung banyak pedagang yang sudah berjualan cukup lama di sepanjang jalan Surken. Sehingga diperlukan konsep yang matang untuk penataan PKL pasca revitalisasi.

    "Di sisi kiri total ada 80 pedagang, mungkin hanya 30 pedagang tradisional yang bisa dipertahankan. Kami juga akan memberikan penampungan sementara saat revitalisasi berjalan. Sementara untuk penataan PKL secara permanen akan dirapatkan minggu depan," bebernya..

    Direktur Utama PD Pasar Pakuan Jaya (PD PPJ) Kota Bogor Andrie Latif Asikin mengatakan, persiapan relokasi PKL karena adanya proyek pedestrian, pihaknya tengah meminta persetujuan wali kota agar penataan diproses sesuai aturan. Saat ini PD PPJ dalam proses pengadaan fisik lahan eks pasar Sukasari untuk PKL Surken.

    "Anggaran sebesar Rp480 juta, itu perkiraan kami. Kalau dari pekerjaan perataan tiga Minggu bisa selesai. Kalau ditambah sumur resapan bisa mencapai satu bulan," ungkapnya. [gin]

    TAG :


    Berita TERKAIT