• RPJMD Jabar Diusulkan Prioritaskan Pembentukan Bogor Barat

    Oleh : Rishad Noviansyah07 Oktober 2018 18:39
    INILAH, Bogor- Pemekaran Kabupaten Bogor Barat, diusulkan menjadi prioritas dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Jawa Barat 2018-2023. Gubernur Ridwan Kamil diminta mendorong pemerintah pusat agar mencabut moratorium Daerah Otonomi Baru (DOB).

    Asisten Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Bogor Burhanudin mengungkapkan, seluruh kota/kabupaten di Jawa Barat diminta mengusulkan apa-apa untuk masuk RPJMD 2018-2023. Salah satu yang diusulkan Burhan yakni pemekaran daerah.

    "Saya kebetulan mengajukan 25 usulan dari seluruh asisten pemerintahan se-Jabar. Salah satunya, mendorong pencabutan moratorium dan memprioritaskan pemekaran Kabupaten Bogor Barat, Kabupaten Sukabumi Utara dan Kabupaten Garut Selatan," kata Burhan kepada wartawan, Minggu (7/10).

    Pemerintah memoratorium DOB karena sedang menyusun Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) Tentang Desain Besar Penataan Daerah (Desartada). Dalam draf desartada, kata Burhan, Jawa Barat dipersiapkan dipecah menjadi tiga provinsi dan 13 kabupaten/kota.

    "Pemprov Jabar sudah seharusnya melakukan kajian komprehensif mana daerah yang layak mekar. Kalau perlu diranking. Tapi, yang tiga tadi harus diprioritaskan," katanya.

    Pasalnya pemekaran Kabupaten Bogor Barat, Kabupaten Garut Selatan dan Kabupaten Sukabumi Utara telah mendapat amanat presiden (ampres). Dengan begitu, kajian komprehensif telah dilakukan terhadap tiga daerah ini.

    "Jadi memang seharusnya diprioritaskan saat moratorium dicabut," katanya.

    TAG :


    Berita TERKAIT