• Headline

    Menwa STKS Bandung, Belajar Cara Pengamanan Kampus

    Oleh : Okky Adiana05 November 2016 08:00
    •  Share
    INILAH, Bandung - Tidak hanya belajar kedisiplinan bagi anggotanya saja, keberadaan organisasi Menwa di kampus telah memberikan dampak yang baik bagi seluruh anggota dan mahasiswa lainnya.

    Ada banyak cara yang bisa dilakukan bagi mereka yang menyandang status sebagai mahasiswa, selain tugas pokok mereka kuliah, para calon intelektual muda ini bisa menambah ilmu dan wawasan diluar akademik. Salah satunya yakni mengikuti organisasi yang ada di kampusnya masing-masing.

    Tengoklah di Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial (STKS) Bandung, kampus yang berpusat di jalan Djuanda ini memiliki organisasi Resimen Mahasiswa (Menwa) yang bisa diikuti oleh seluruh mahasiswanya.

    Keberadaan Menwa di lingkungan kampus, jelas mereka memiliki tujuan untuk mempersiapkan mahasiswa yang memiliki pengetahuan, sikap disiplin, fisik dan mental serta berwawasan kebangsaan agar mampu melaksanakan tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi dan menanamkan dasar-dasar kepemimpinan dengan tetap mengacu pada tujuan pendidikan nasional.

    Selain itu juga sebagai wadah penyaluran potensi mahasiswa dalam rangka mewujudkan hak dan kewajiban warga negara dalam bela negara, serta mempersiapkan potensi mahasiswa sebagai bagian dari potensi rakyat dalam sistem pertahanan rakyat semesta (Sishanrata).

    Komandan Resimen Mahasiswa Mahawarman Kompi BS STKS Bandung, Aditya Moch Ramdan (22) menuturkan, secara umum, Menwa memiliki tugas dan fungsinya, yakni
    melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi serta membantu terlaksananya kegiatan dan program lainnya di Perguruan Tinggi.

    Selain itu juga lanjut dia, merencanakan, mempersiapkan dan menyusun seluruh potensi mahasiswa untuk memantapkan ketahanan nasional, dengan melaksanakan usaha dan atau kegiatan bela negara. Membantu terwujudnya penyelenggaraan fungsi perlindungan masyarakat (Linmas), khususnya penanggulangan bencana dan pengungsi (PBP) dan membantu terlaksananya kesadaran bela negara dan wawasan kebangsaan dalam organisasi kepemudaan.

    "Umumnya kegiatan Menwa di setiap kampus itu pengamanan, menjaga stabilisasi kampus.
    Misalnya, apabila ada event-event besar di dalam maupun diluar kampus, misal wisuda, peresmian gedung, kegiatan seminar, Menwa dilibatkan sebagai pengamanan," kata Aditya kepada INILAH, Jumat (4/11/2016).

    Dikatakan Adit, Menwa STKS Bandung memiliki kegiatan yang bersifat rutin, skala kecil, menengah dan besar. Kegiatan rutin kata dia, pembinaan jasmani, apel mingguan, piket harian, pengamanan kampus, rapat koordinasi dan evaluasi, petugas upacara peringatan hari besar Nasional dan lainnya.

    Sementara untuk skala menengah lanjut dia, pihaknya akan melakukan peningkatan pengetahuan dan motivasi melalui korps sharing, pembekalan akhlak dalam Menwa belajar mengaji, Menwa berwirausaha dan lainnya. Dalam skala besar, mereka akan
    melakukan latihan kepemimpinan training leadership, HUT Menwa, silaturahmi dengan Korps alumni Menwa STKS Bandung dan refreshing latihan mahir menembak di Cikole, Lembang.

    "Beberapa kegiatan yang sudah kita lakukan, ada seminar Napza, pengabdian di masyarakat, latihan kepemimpinan putri, pendelegasian anggota dalam bencana longsor di Sumedang dan masih banyak lagi," imbuhnya.

    Diakuinya, organisasi Menwa di kampusnya ini sudah jelas memberikan manfaat bagi seluruh anggotanya. Menwa kata dia, sebagai sarana untuk pengembangan diri mahasiswa, pembelaan negara, wawasan kebangsaan untuk membentuk pribadi kepemimpinan mahasiswa disiplin, cinta tanah air dan lainnya.

    "Dampaknya, dengan berorganisasi, mahasiswa tidak hanya pintar, mahasiswa kuat dalam mental. Dalam organisasi kita belajar tim, kita menjauhkan diri dari sikap egois," ujarnya.

    Dia berharap, ke depannya Menwa STKS Bandung bisa lebih baik lagi dari segala bidang. Selain itu juga bisa memberikan manfaat yang nyata bagi para mahasiswanya itu.

    "Semoga makin banyak mahasiswa yang masuk Menwa, dan sadar untuk membela negara. Disini kita membina mahasiswa yang berkarkter dengan baik dan nasionalisme yang tinggi," tambahnya. [jek]