• Headline

    SMKN 3 Bandung Tidak Hanya Belajar di Satu Bidang

    Oleh : Okky Adiana09 November 2016 07:00
    fotografer: Okky Adiana
    INILAH, Bandung - Program Studi Multimedia tidak hanya mengajarkan di satu bidang tertentu saja, siswa yang memilih jurusan ini akan belajar seperti, fotografi, videografi, desain multimedia, animasi, dan lainnya. SMKN 3 Bandung mengajarkan hal itu semua kepada peserta didiknya.

    Setiap Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), sudah jelas mereka memiliki berbagai macam jurusan atau yang biasa disebut dengan program studi yang bisa dipilih oleh setiap calon peserta didiknya.

    Calon peserta didik dibebaskan untuk memilih salah satu jurusan yang ada di sekolah tersebut. Tentu saja dengan kriteria tertentu, tergantung dari kebijakan setiap sekolah yang mereka pilih.

    Di SMK Negeri 3 Bandung misalnya, sekolah yang berpusat di jalan Solontongan, kota Bandung ini memiliki lima jurusan yang bisa dipilih oleh calon peserta didiknya. Jurusan Administrasi Perkantoran (AP), Pemasaran, Akuntansi, Pariwisata dan Multimedia.

    Sebut saja Multimedia. Salah satu program studi yang ada di SMKN 3 Bandung ini selalu saja menjadi pilihan bagi calon siswanya itu. Sesuai dengan namanya, di jurusan ini siswa bisa belajar banyak segala sesuatu yang berhubungan dengan dunia Multimedia.

    Sebagai catatan, Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi, audio dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link), sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia informatika.

    "Siswa bisa belajar fotografi, videografi, desain multimedia, animasi, pengolahan citra digintal, pemograman web, pengolahan audio video, pemograman web, pemograman dasar, dan lainnya. Siswa belajar seperti itu," papar Sekretaris Program Studi Multimedia, SMKN 3 Bandung, Mastria BR Perangin Angin (36), kepada INILAH, Selasa (8/11/2016).

    Dikatakan Mastria, ada beberapa tahapan pembelajaran bagi siswa yang memilih program studi multimedia. Siswa baru, atau siswa kelas 10, mereka akan belajar secara umum mengenai pengenalan dasar, jaringan dasar, pemograman web, perakitan komputer, sistem opreasi dan sistem komputer.

    Memasuki kelas 11, lanjut dia, siswa akan belajar lebih kepada jurusan. Misalnya, fotografi, animasi 2-3 dimensi, desain multi media, dan pengolahan citra digital. Sementara kelas 12, peserta didik ini akan mempelajari seperti, desain interaktif, pengolahan audio video, kerja proyek, dan animasi 3 dimensi. "Secara umum mereka akan belajar seperti itu," singkat dia.

    Dia menilai, program studi multimedia yang ada di sekolahnya itu terbilang cukup baik. Tak sedikit siswa yang memilih jurusan ini karena memang hobi dengan dunia multimedia. Bahkan saat ini kata dia, jika melihat lebih jauh jurusan multimedia sangat diperlukan ini di dunia kerja, dan memiliki peluang kerja yang sangat luas. Sehingga antusias siswa dalam mempelajari ilmu tersebut, terlihat sangat serius.

    "Mereka yang tertarik masuk multimedia sangat tepat. Mengapa? Karena kalau setelah lulus mereka memutuskan untuk bekerja, jurusan ini mampu bersaing. Multimedia di era modern sangat ini dibutuhkan. Kalau saya lihat siswa sangat antusias," ucapnya.

    Soal fasilitas, dia menyebutkan, program studi multimedia di SMKN 3 Bandung terbilang sudah cukup memadai. Saat ini pihak sekolah sudah memiliki berbagai macam alat untuk mendukung jurusan tersebut. Selain studio, mereka juga memiliki alat-alat lainnya seperti, kamera, lighting, background, komputer lab dan lainnya. "Sudah cukup sih kalau saya lihat," singkat dia katanya.

    Sebagai seorang guru, dia berharap, setelah lulus dari sekolahnya ini, siswa bisa bekerja sesuai dengan jurusannya masing-masing. Tidak hanya itu, diharapkan mereka juga bisa mengaplikasikan ilmu yang sudah mereka dapatkan di bangku sekolahnya ini.

    "Selama belajar di sini saya berharap siswa bisa disiplin, mereka bisa menyerap ilmu apa yang diajarkan, sehingga mereka bisa makasimal dalam bekerja, dan sikap," tambahnya. [jek]



meikarta.. the world of ours