• Turnamen Basket Battle Kampus Jaring Bakat Baru

    Oleh : Selfie Miftahul Jannah08 November 2016 21:01
    •  Share
    INILAH, Bandung - Ada 27 tim basket kampus yang terdiri dari 18 tim basket putra dan 9 tim basket putri dari berbagai perguruan tinggi di kota Bandung akan bertanding pada laga Battle of Kampus yang diinisiasi #allAboutCommunity Battle of Campus di Gor Pajajaran, Jalan Pajajaran pada tanggal 14-19 November mendatang.

    Battle of campus merupakan wadah komunitas anak muda kreatif salah satunya komunitas bola basket. Memasuki tahun kedua ini, kegiatan kompetisi bola basket antar perguruan tinggi tersebut bertujuan menjaring dan melahirkan bakat-bakat baru dan potensial untuk bola basket indonesia serta menjadi jalan perintis menuju karier sebagai pebasket profesional.

    “Ada 9 tim basket putri dan 18 tim basket putra,” kata Yuda Perwakilan Battle of Kampus, kepada wartawan di Ngopdoel, Jalan Purnawarman, Selasa (8/11)

    Tahun ini pihaknya mengundang beberapa pemain basket professional dan pelatihnya untuk berbagi ilmu terkait dunia olahraga bola basket kepada para bibit-bibit pebasket muda kampus dalam program Campus Corner.

    “Tujuannya memberikan pembinaan UKM Bola Basket, salah satunya mendatangkan pemain Profesional yaitu Kelly Purwanto Andy Batam , Januar Kuntara, Randika Aprilian dan Pemain Allstar LAstreetball Nael, untuk membagikan ilmu dan pengalaman kepada mahasiswa di kampus yang dikujungi,” papar dia.

    Ada sekitar 8 kampus yang dikujungi, yakni terdiri dari, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Jati, STIE Ekuitas, Poltekpos, Universitas Jenderal A.Yani, Universitas Padjajaran, Universitas Kristen Maranatha, Telkom University, dan Universitas Siliwangi.

    Menurutnya perubahan dan kemasan campus corner di tahun kedua ini pun ternyata meningkatkan animo peserta.

    “Format kompetisi menjadi konsentrasi panitia karena pesaiangannya sangat ketat,” ucapnya.

    Sejauh ini, lanjutnya, memang Battle of Kampus ini baru dapat diselenggarakan hanya di Kota Bandung, namun tak menutup kemungkinan acara ini dapat berlangsung di daerah lainnya.

    Yuda menjelaskan untuk format kompetisi dalam Battle Of Kampus ini yakni setengah kompetisi yang dilanjut babak penyisihan menggunakan grup, nantinya akan diambil 8 tim yaitu 6 juara grup dan 2 runner up terbaik untuk tim putra, sedangkan untuk tim putri dibagi menjadi 3 grup yang akan diambil 4 tim yaitu 3 juara grup dan 1 runner up terbaik.

    “Kemudian dari perempat final sampai final menggunakan format sistem gugur. Pemenang pada babak regular akan berkompetisi di final#allAboutCommunity Battle of Campus pada tanggal 18 November 2016,” jelas dia.

    Sementara itu Afif, Perbasi bandung menyatakan dukungannya terhadap acara yang dapat menjaring potensi pebasket muda di kampus. Menurutnya, sebagian besar prestasi terbesar dalam olahraga bola basket banyak dari bibit-bibit yang berasal dari kampus.

    “Kita bisa menjaring atlet di kampus, apalagi 90 persen yang beprestasi itu pemain kampus. Hampir tim Jabar ini tim kampus,” ujar dia. [jek]