• Lembaga Pendidikan Ariyanti Dorong SDM Berkualitas

    Oleh : Doni Ramdhani07 Desember 2016 18:30
    fotografer: Doni Ramdhani
    •  Share
    •  Tweet
    INILAH, Bandung - Sejak awal pendirian, Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (LPP) Ariyanti fokus pada program link and match. Konsep ini mengedepankan sumber daya manusia (SDM) yang memiliki daya saing kuat.

    Presiden Direktur LPP Ariyanti Dewi Irawati mengatakan, penguatan SDM ini agar setiap lulusan memiliki daya saing kuat, berkarakter, bertanggungjawab, kreatif, dan inovatif. Hal ini pun untuk mensejajarkan diri dengan SDM dari negara lain.

    "Pendidikan yang diselenggarakan di LPP Ariyanti menitikberatkan pada pendidikan keterampilan yang berbasis kompetensi. Pendidikan keterampilan diyakini mampu menjadi solusi yang tepat untuk menekan angka pengangguran," kata Dewi usai Wisuda XXXIV LPP Ariyanti, Rabu (7/12/2016).

    Menurutnya, konsep link and match memungkinkan lembaga pendidikan sinergi dengan dunia usaha dan industri. Kerjasama yang terjalin ini untuk menyusun kurikulum, praktik kerja lapangan, penempatan kerja, dan memperluas networking dalam berwirausaha.

    "Pasar kerja nasional dan internasional menghendaki tersedianya SDM yang kompeten di bidangnya. Banyak industri dan organisasi menuntut agar tenaga kerjanya memiliki sertifikat kompetensi yang kredibel," ucapnya seraya menyebutkan kompetensi itu pun kudu ditunjang dengan kemampuan bahasa asing dan attitude.

    Sertifikasi profesi dan kompetensi ini merupakan upayan untuk memberikan pengakuan atas kompetensi yang dimiliki seseorang. Di tengah persaingan yang relatif ketat ini kebutuhan SDM mengutamakan kualitas bukan kuantitas.

    "Setiap lulusan LPP Ariyanti harus mampu menjadi insan yang tidak saja kompeten, produktif, dan berdaya saing tetapi juga berkarakter dan memiliki semanagat juang dan kebangsaan yang tinggi agar tidak tergerus dalam arus globalisasi," tuturnya.

    Dewi menambahkan, kualitas lulusan Ariyanti tak perlu dipertanyakan lagi. Lebih dari 95 ribu lulusan lembaga pendidikan ini tersebar di berbagai perusahaan besar di seluruh Indonesia bahkan di luar negeri. Pada wisuda kali ini, pihaknya meluluskan sekaligus pelepasan calon tenaga kerja sekitar 400 orang. Pihaknya selalu menyalurkan para lulusan karena memiliki bursa kerja khusus yang berlangsung setiap saat.

    Dari pantauan INILAH, selain mewisuda LPP Ariyanti meneken berbagai bentuk kerjasama dengan dunia usaha dan industri. Selain lembaga perbankan, LPP menjalin kerjasama dengan dunia usaha perhotelan. Pasalnya, bidang kerja hospitality saat ini relatif booming.

    Sementara itu, perwakilan dari dunia industri General Manager Harris Hengky Tambayong mengaku lulusan LPP Ariyanti relatif cocok untuk dunia usaha.

    "Lulusan dari Ariyanti ini memiliki etos kerja yang kuat. Mereka selalu bisa menyelesaikan setiap pekerjaan yang dibebankan," ucapnya. [jek]