• Headline

    Belajar Siaran Radio di Kampus Unpas

    Oleh : Dea Andriyawan08 Juli 2017 13:10
    PASUNDAN Radio Unpas merupakan salah satu media bagi mahasiswa jurusan Ilkom Unpas untuk belajar dan mengetahui lebih jauh mengenai dunia broadcasting.

    Sejumlah mahasiwa jurusan Ilmu Komunikasi (Ilkom) Universitas Pasundan (Unpas) ini, rupanya tahu betul bagaimana caranya mengembangkan dan memperluas ilmunya di dunia broadcasting.

    Selain mendapatkan ilmu di bangku perkuliahan yang berupa teori, mereka juga memanfaatkan keberadaan Pasundan Radio yang ada di lingkungan kampusnya sebagai media pembelajaran mereka untuk praktik secara langsung.

    Ini adalah salah satu bukti, bahwa belajar tak hanya cukup dengan teori saja, praktik pun sama pentingnya untuk terus dipelajari dan terus digali ilmunya.

    Pasundan Radio Unpas secara umum pada dasarnya memiliki format dan sistem seperti industri radio pada umumnya. Di mana mahasiswa Unpas jurusan Ilkom Unpas membuat dan memproduksi informasi terkait konten siaran sendiri.

    Pasundan Radio Unpas merupakan radio komunitas yang didukung penuh atau dinaungi oleh program studi (prodi) Ilkom sebagai labolatorium keilmuan kepraktisian untuk mahasiswanya.

    Kendati begitu, organisasi ini tak hanya diisi oleh mahasiswa prodi Ilkom saja, ada juga sejumlah prodi lain yang memang bergabung di organisasi tersebut. Sebut saja prodi Hubungan Internasional (HI), Teknik, FKIP dan lainnya.

    "Tujuan dari Pasundan Radio Unpas ini sebagai wadah edukasi bagi mahasiswa khususnya prodi Ilkom untuk mendalami industri broadcasting. Berbicara mengenai broadcasting, pada dasarnya broadcasting itu sama seperti televisi, radio. Itu tidak jauh berbeda," kata Dosen dan Pembina Pasundan Radio, Muhammad Iqbal, kepada INILAH, akhir pekan lalu.

    Dia mengatakan, Pasundan Radio Unpas memiliki dua kegiatan yang berbeda. On Air dan Off Air. Kegiatan On Air misalnya, kegiatan ini memproduksi program siaran yang disiarkan secara streaming yang dapat diakses melalui aplikasi khusus www.pasundanradio.org.

    Dalam kegiatan On Air ini lanjut dia, ada beberapa program yang sangat menarik hasil karya dari mahasiswanya itu sendiri. Mulai dari program Ngobrol Pagi yang membahas berita terkini maupun nasional atau lingkungan kampus, Insan nan Islami sebuah program tentang keagamaan yang mengundang narasumber dari DKM di Unpas, program Sora Pasundan yang membahas budaya Sunda.

    Show your bisnis (Showbis) program tentang mengeksplorasi para pengusaha muda, request dong ahh, program permintaan lagu dan program-program menarik lainnya.

    "Siarannya dari pukul 8-10 malam. Semua yang ngisi siaran mahasiswa. Pasundan Radio Unpas ini mengambil konten yang sesuai dengan visi misi Unpas. Pengkuh Agamana, luhung elmuna dan jembar budayana," ucapnya.

    Sementara untuk program Off Air, lanjut dia, program ini berupa event edukasi, hiburan dan lainnya. Salah satu kegiatan yang kerap dilakukan di program ini adalah Oktober Kampus (Oktopus). Ini adalah sebuah program yang menyajikan band-band menarik. Selain itu ada juga event road show kampus ke kampus.

    Menurutnya, Pasundan Radio Unpas memberikan manfaat yang cukup besar bagi para mahasiswanya. Di tempat ini mereka bisa mendapatkan ilmu tambahan yang mungkin saja tidak didapatkan di bangku perkuliahan. Misalnya saja, selain siaran, mereka juga belajar bagaimana membuat sebuah program, membuat event, konten digital dan lainnya.

    "Kami juga suka mengundang praktisi yang berkiprah di dunia radio. Mereka di kelas tidak akan mendapatkan secara mendalam, di sini mereka bisa mengembangkan dunia broadcasting," ucapnya.

    Dia berharap, keberadaan Pasundan Radio Unpas ini bisa dimanfaatkan betul oleh seluruh mahasiswanya. Mahasiswa diharapkan jauh lebih kreatif dan ke depannya siap dalam menghadapi dunia kerja.

    "Kami ingin mahasiswa kami ini siap pakai di industri media. Harapan lainnya, Unpas bisa memiliki radio komersiil," tambahnya. [ito]



meikarta.. the world of ours