• Pendidikan Karakter Dengan Belajar di Luar Kelas

    Oleh : Okky Adiana07 September 2017 12:54
    INILAH, Bandung - Dinas Pendidikan Kota Bandung meresmikan out class room day atau hari belajar di luar sekolah Kamis (7/9).

    Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung, Elih Sudiapermana mengatakan, hari belajar di luar sekolah untuk mengingatkan kembali kepada peserta didik, bahwa belajar itu harus dengan riang gembira. Tidak hanya di dalam ruangan kelas, namun ada variasi pembelajaran yang menyenangkan.

    "Tadi saya lihat di beberapa sekolah, anak-anak itu kalau belajar di luar mereka senang. Tapi bagaimana caranya itu bisa terintegrasi, juga dengan apa yang akan kita capai dengan pendidikan karakter," kata Elih kepada wartawan, Kamis (7/9).

    Kegiatan yang diresmikan hari ini ke depannya akan dievaluasi dengan sejumlah kepala sekolah. Ini dilakukan untuk melihat sejauh mana keefektifan belajar di luar kelas tersebut.

    Setiap sekolah, lanjut dia, harus bisa memanfaatkan halaman sekolahnya untuk pembelajaran di luar kelas.

    "Ada juga yang inisiatif belajar di Saung Udjo dan lainnya. Itu dari mana bayarnya, kalau ada anggaran kegiatan sih nggak apa-apa, tapi kalau ada pungutan kan, jadi problem baru. Nanti akan kita evaluasi, selama memakai halaman sekolah sih saya kira mampu," paparnya.

    Dia berharap, kegiatan ini bisa dilakukan sebulan sekali di tanggal 7. Belajar di luar kelas menjadi kebahagiaan tersendiri bagi siswa, tak hanya itu, kekompakan serta kedisiplinan akan muncul dari siswa-siswi tersebut.

    "Yang terpenting, untuk sekarang halaman sekolah bisa dimanfaatkan dulu," pungkasnya.

    Menurut pantauam INILAH, beberapa sekolah tengah melaksanakan pembelajaran di luar kelas. Seperti yang terlihat di SMPN 40 Bandung dan SMP Darul Hikam Bandung. Hampir seluruh siswanya melaksanakan kegiatan tersebut.

    Dalam kegiatan ini, mereka dikenalkan dengan sejumlah kaulinan Sunda, makanan khas Jawa Barat dan lainnya. Mereka pun tampak ceria dan menikmati betul suasana. [ito]