• Belajar Hak Semua Orang Tanpa Mengukur Umur

    Oleh : Toriza11 September 2017 12:24
    Hari Aksara Internasional (HAI) diperingati setiap tanggal 8 September tahun ini mengusung tema “Membangun Budaya Literasi di Era Digital". Tema ini tak jauh berbeda dengan tema UNESCO “Literacy in a Digital World”.

    Literasi dasar bukan hanya dari segi bacaan tulis atau berhitung (calistung) tapi juga literasi digital. Dalam puncak HAI kali ini diluncurkan 6 kompetensi literasi dasar di antaranya baca tulis hitung, sains, teknologi informasi, finansial, budaya, dan kewarganegaraan.

    Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung. Dr. H. Elih Sudiapermana, M.Pd yang hadir pada acara tersebut mengatakan HAI bukan sekadar seremonial, tetapi perenungan dan koreksi terhadap pendidikan bahwa belajar bukan hanya bersekolah.

    "Belajar bisa di mana saja. Belajar itu adalah hak semua orang tanpa mengukur umur. Bahwa belajar itu sepanjang hayat. Belajar itu adalah sesuatu yang bermakna buat perbaikan kehidupan," katanya.

    Indonesia memperingati Hari Aksara Internasional di setiap kota secara bergilir. Kali ini puncak peringatan HAI dilaksanakan di Kabupaten Kuningan Jawa Barat, tepatnya di Gor Ewangga.

    Hadir dalam kegiatan tersebut Direktur Jenderal pendidikan Anak Usia Dini dan pendidikan Masyarakat Kemendikbud Harris Iskandar. Direktur pendidikan keaksraan dan kesetaraan Abdul Kahar. Direktur kursus, Sesditjen, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat beserta pejabat terkait lainnya.

    Juga para kepala Dinas pendidikan di tingkat kabupaten/kota di seluruh Jawa Barat. Hadir dari Kota Bandung termasuk Kepala Bidang Pembinaan dan Pengembangan PAUD dan Pendidikan Masyarakat, Drs. Abdul Gaos, M.Pd, Kepala Seksi Pendidikan Anak Usia Dini, Ahmad Asikin, S.Pd, M.M.Pd, Kepala Seksi Pendidikan Masyarakat, Hj. Cucu Halimah, S.Pd, M.Ak.

    Juga Kepala Seksi Kemitraan dan Kelembagaan, Dra. Neni Suharyatni, perwakilan penilik, pamong belajar, perwakilan dari PKBM, TBM dan relawan penggiat pendidikan nonformal lainnya. (***)



meikarta.. the world of ours