• Headline

    Segera Cair! Honorarium Tambahan untuk Pendidik dan Tenaga Kependidikan

    Oleh : Asep Pupu Saeful Bahri11 Mei 2018 13:40
    INILAH, Bandung - ‎Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandung akan segera mencairkan honorarium tambahan untuk Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) non Aparatur Sipil Negara (ASN).

    Pemberian secara simbolis akan dilakukan saat acara puncak peringatan Hari Pendidikan Nasional di Plaza Balai Kota, Sabtu (12/5).

    ‎Kepala Bidang Pembinaan Pengembangan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Disdik Kota Bandung‎, Cucu Saputra mengatakan besaran honorarium tambahan bagi PTK di tahun 2018 ini keseluruhan digelontorkan sebesar Rp 99 miliar.

    Bahkan, kini ada yang mendapatkan honorarium lebih dari 1 juta rupiah perbulan.

    Ditegaskan Cucu, pemberian honorarium tambahan bagi PTK non ASN ini sudah diatur dalam Keputusan Wali Kota (Kepwal) yang meliputi tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), SD dan SMP. Bentuknya, sambung dia, pemberian termasuk dalam dana hibah.

    "Total dulu dianggarkan Rp 60 miliar, yang sekarang ini mencapai Rp 99 miliar. Diterima dalam bentuk dana hibah, maka dari itu akan diberikan honorarium tambahan. ‎Tahun sebelumnya di rata-ratakan di angka Rp 300 ribu perbulan," kata Cucu di Kantor Disdik Kota Bandung, Jalan Ahmad Yani, Jumat (11/5).

    ‎Cucu menuturkan honorarium tambahan untuk 975 orang PTK di level Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang formal, masing-masing mendapatkan sebesar ‎Rp 820.000 per bulan.

    PTK di PAUD non formal ataupun Kelompok Bermain (Kober) juga ikut diberi honorarium tambahan sebesar Rp 750.000. PTK di PAUD non formal dan Kober yang terdata di Kota Bandung saat ini terdapat 1.854 orang.

    Lebih lanjut Cucu menyebutkan 3.550 orang guru honorer yang mengajar di SD se-Kota Bandung masing-masing akan mendapatkan honorarium tambahan sebesar Rp 820.000 perbulannya.

    "Lalu tenaga administrasi di SD ada 856 orang, masing-masing akan menerima Rp 520 ribu perbulan," ujarnya.

    Sementara untuk PTK di tingkat SMP, Cucu menyatakan terdapat 1.740 orang guru honorer. Mereka bakal mendapat tambahan honorarium sebesar Rp 1.020.000 perbulan.

    Lalu honorarium sebesar Rp 650.000 akan diberikan kepada ‎921 orang tenaga administrasi non ASN yang bertugas di SMP

    Cucu menjelaskan pemberian honorarium yang secara simbolis akan diberikan pada acara puncak peringatan Hari Pendidikan Nasional 2018, di Placa Balai Kota Bandung, Sabtu (12/5/2018).

    Dia menegaskan pembagian honorarium tambahan dengan total besaran mencapai 99 miliar rupiah ini tidak akan diberikan secara tunai.

    "Honorarium tambahan ini dihitung mulai dari Januari 2018 dan akan dibayarkan tiap triwulan dengan sistem transfer ke rekening penerima,"‎ jelasnya.

    Cucu menerangkan, tidak semua PTK non ASN bakal mendapatkan honorarium tambahan, sesuai dengan Kepwal diatur beberapa syarat yang berhak menerimanya. Di antaranya, dikhususkan bagi PTK yang terdata di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) sampai dengan Desember 2017.

    Syarat lainnya, urai Cucu, penerima honorarium tambahan juga diberikan kepada PTK yang belum mencapai batas usia pensiun. ‎Lalu, menurutnya bantuan ini diprioritaskan bagi PTK yang bertugas di sekolah penerima dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

    "Honorarium tambahan ini juga hanya bagi PTK yang selama ini belum menerima tunjangan profesi guru. Jadi kalau ada yang sudah menerima berarti tidak diberikan tambahan honorarium," pungkasnya.


    TAG :


    Berita TERKAIT