• Daop 2 Distribusikan Logistik Pupuk Kujang dan Semen Indonesia

    Oleh : Doni Ramdhani16 Maret 2017 15:22
    fotografer: Doni Ramdhani
    •  Share
    INILAH, Bandung - Mulai Kamis (16/3) ini, Daerah Operasi (Daop) 2 PT Kereta Api Indonesia mendistribusikan logistik PT Pupuk Kujang Cikampek dan PT Semen Indonesia.

    Manager Humas Daop 2 Joni Martinus mengatakan, pengiriman barang ini merupakan wujud sinergitas antar-badan usaha mulik negara (BUMN).

    "Untuk ini, kita menjalankan angkutan barang dari TPK (terminal peti kemas) Cibungur dengan tujuan terminal bongkar muat Indro Surabaya," kata Joni kepada wartawan, Kamis (16/3/2017).

    Menurutnya, pendistibusian ini melalui tahap Uji Coba Operasi Angkutan Baru PT Richmount Agro Chem Cibungur-Indro di TPK Cibungur. Pada uji coba tersbeut, kereta peti kemas dijalankan dengan jarak tempuh sepanjang 649,573 kilometer.

    Dari TPK Cibungur, pihaknya mengangkut pupuk dengan tujuan Stasiun Indro Surabaya. Sekembalinya dari Indro, kereta barang membawa angkutan semen milik PT Semen Indonesia.

    "Dalam sekali perjalanan, diangkut sebanyak 840 ton atau setara dengan 40 TeUS menggunakan 20 gerbong datar," ujarnya.

    Khusus mengenai jadwal keberangkatan, Joni menyebutkan kereta dari TPK Cibungur itu berangkat setiap Kamis dan Senin pukul 11.30 WIB. Diperkirakan, kereta tiba di Indro pada pukul 01.35 WIB.

    Sedangkan, dari Stasiun Indro kereta berangkat setiap Jumat dan Selasa pukul 17.55 WIB dan tiba di Stasiun Cibungur pukul 07.30 WIB. Perjalanan ini memakan waktu tempuh sekitar 14 jam lamanya.

    "Sinergi ini mendukung perekonomian Indonesia dengan memudahkan pendistribusian arus barang kebutuhan pembangunan dan juga kebutuhan masyarakat di berbagai daerah," jelasnya seraya menyebutkan distribusi barang bisa lebih cepat, bebas kemacetan, serta mengurangi polusi dan beban jalan raya. [jek]


-->