• Daop 2 Prediksi Akan Tambah KA Ekstra Lebaran

    Oleh : Doni Ramdhani19 Maret 2017 17:04
    •  Share
    INILAH, Bandung - Animo masyarakat untuk menggunakan moda transportasi massal kereta api terus meningkat. Terlebih, pada saat mudik dan balik Lebaran. Manager Humas Daop 2 Joni Martinus mengatakan, untuk keberangkatan KA tambahan pada musim terpadat itu kemungkinan akan bertambah.

    "Kita memprediksikan kemungkinan akan menambah KA tambahan pada Lebaran tahun ini. Paling tidak, KA tambahan ini sama seperti tahun lalu. Yakni, KA Lodaya Tambahan dengan dua perjalanan pagi dan malam, KA Pasundan Lebaran satu perjalanan, dan KA Kutojaya satu perjalanan," kata Joni, Minggu (19/3/2017).

    Meski demikian, dia menegaskan untuk KA tambahan ini pihaknya masih menunggu instruksi dari PT Kereta Api Indonesia (KAI) pusat. Menurutnya, KA Tambahan Lebaran baru akan tersedia jika kereta reguler sudah habis dipesan masyarakat. Atau, ketika mendekati masa operasi angkutan Lebaran.

    Saat ini, masyarakat bisa memesan KA reguler. Tiket kereta api untuk masa angkutan Lebaran 2017 sudah bisa dipesan mulai Jumat (17/3/2017) pukul 00.00 WIB. Pemesanan ini untuk keberangkatan H-10 atau 15 Juni 2017. Selanjutnya, pada Sabtu (18/3/2017) dijual tiket untuk keberangkatan H-9 atau 16 Juni 2017. Jadwal penjualan tiket ini dilakukan hingga H+10 Lebaran.

    "Masa angkutan Lebaran tahun ini berlangsung selama 22 hari mulai 15 Juni-6 Juli," tambahnya seraya menyebutkan masyarakat sebaiknya memanfaatkan fasilitas penjualan 90 hari sebelum keberangkatan karena tingginya minat menggunakan angkutan kereta api untuk mudik Lebaran.

    Terkait tempat duduk, Joni menyebutkan selama masa angkutan Lebaran tersebut disediakan 198.046 seats untuk kereta api reguler. Ini setara dengan 9.826 seats per hari.

    Dia menambahkan, terkait pemesanan online ini bisa dilakukan melalui website PT KAI di www.kereta-api.co.id atau bisa di beberapa web penjual tiket secara online. Selain itu, pemesanan bisa dilakukan di gerai-gerai minimarket mitra kerjasama atau melalui aplikasi KAI Access. [jek]


-->