• Bulog Stok 2000 Ton Daging untuk Amankan Kebutuhan Ramadan

    Oleh : Doni Ramdhani21 April 2017 13:20
    INILAH, Bandung - Menjelang Ramadan tahun ini, Bulog Jabar memastikan kecukupan pasokan daging. Kepala Bulog Jabar Abdul Muis, stok daging di wilayahnya mencapai 2.000 ton.

    "Untuk komoditas daging ini, stok yang disimpan di Jabar ada 2.000 ton. Itu terdiri dari daging sapi dan kerbau," kata Abdul Muis kepada wartawan, Jumat (21/4).

    Menurutnya, pasokan ini juga cukup untuk memberikan suplai daerah lain. Stabilitas daging diharapkan akan terpenuhi hingga masa Lebaran mendatang.

    Dia menjelaskan, pihaknya belum mengetahui berapa jatah daging kerbau untuk Jabar. Sebab, kebijakan mendatangkan daging impor ini merupakan ranah pusat. Sebagai operator, pihaknya mengaku siap untuk mencukupi kebutuhan pada hari raya.

    Abdul Muis menegaskan stok daging di Bulog ini hanya sebagai penyangga untuk operasi pasar jika terjadi lonjakan harga. Artinya, pasokan ini bukan untuk kebutuhan pasar.

    Selain pasokan daging, pihaknya memastikan ketersediaan komoditas pangan lainnya. Stok beras dan gula diakuinya aman. Khusus komoditas beras, sejauh ini pasokan yang berada di gudang mencapai 268.000 ton.

    "Untuk gula, sampai sekarang stoknya mencapai 6.000 ton. Untuk beras yang mencapai 268.000 ton, pasokan yang kita miliki ada pergeseran ke sepuluh provinsi. Di antaranya Aceh, DKI Jakarta, Bengkulu, dan Papua sekitar 70.000 ton," tambahnya.

    Lebih jauh dia menjelaskan, pada 2017 ini Bulog Jabar mendapatkan target serapan sebanyak 611.000 ton beras. Hingga April ini, pihaknya mampu menyerap 135.000 ton. [ito]