• Pembiayaan Syariah FIF Bidik Rp400 Miliar

    Oleh : Doni Ramdhani16 Juli 2017 17:31
    INILAH, Bandung - Kini, PT Federal International Finance (FIF) menggarap pembiayaan syariah. Head of Corporate Communication FIFGroup Arif Reza Fahlepi mengatakan, khusus pembiayaan syariah tahun ini pihaknya membidik pertumbuhan sebesar 17-20%.

    Menurutnya, peluang pembiayaan syariah ini relatif besar. Untuk itu, FIFGroup mendirikan brand platform syariah yang dinamai Amitra. Sebelumnya, FIFGroup memiliki pembiayaan konvensional yakni Astra, Spektra, dan Danastra.

    "Amitra saat ini memang difokuskan untuk pembiayaan keberangkatan haji dan umroh. Hingga April kemarin, dana yang digelontorkan menembus angka Rp25 miliar. Sepanjang tahun ini, untuk pembiayaan syariah Amitra ini ditargetkan sebesar Rp400 miliar," kata Arif di Bandung, Sabtu (15/7).

    Dia menjelaskan, pembiayaan Amitra ini bisa dimanfaatkan oleh golongan agama. Pada 2016 lalu total jamaah yang mengikuti program inu menembus 1.839 orang. Khusus Jabar memberikan kontribusi sebesar 13%. Untuk itu, pihaknya optimistis pada tahun ini akan ada peningkatan menjadi 17-20%.

    Mengenai market share seluruh lini produk pembiayaan, pada tahun ini pun diprediksi meningkat menjadi 33%. Mayoritas pembiayaan yabg digelontorkan ini merupakan pembiayaan kendaraan sepeda motor Honda. Pembiayaan tahun lalu diakuinya mencapai Rp22 triliun.

    Arif menuturkan, Amitra merupakan layanan yang ditawarkan pihaknya untuk menciptakan dan menggarap potensi market syariah. Saat ini, Amitra fokus melayani pembiayaan perjalanan religi.

    Ke depan, pembiayaan ini diperluas untuk pembiayaan kendaraan roda dua secara syariah. Hingga pembiayaan multiguna untuk kebutuhan renovasi rumah, pendidikan, dan kesehatan.

    Secara umum, pada tahun ini FIFGroup membidik pertumbuhan pembiayaan sebesar 10% dari realisasi pembiayaan tahun lalu sebesar Rp30 triliun. Rata-rata setiap bulannya, perusahaan milik Astra ini mampu mengeluarkan dana pembiayaan hingga Rp3 triliun.

    Sejauh ini, jumlah nasabah yang awalnya difokuskan pada pembiayaan konvensional dan syariah untuk mendukung penjualan ritel sepeda motor Honda ini telah mencapai 10 juta dengan 6 juta diantaranya merupakan nasabah aktif.

    Sebagai inovasi terbaru, Arif mengaku untuk Amitra ini pihaknya menjalankan program Amitra Berbagi Berkah. Rangkaian kegiatan ini dilakukan di enam kota besar yakni Surabaya, Bandung, Medan, Pekanbaru, Makassar, dan Jakarta.

    "Di Bandung, program ini dikemas dalam bentuk pelatihan guru sebanyak 200 orang dari SD, SMP, SMA, SMK se-Bandung Raya," ujarnya.

    Kegiatan yang digelar di SMPN 2 Kota Bandung tersebut merupakan bentuk kepedulian sosial FIFGroup dan Amitra terhadap masa depan pendidikan Tanah Air. [jek]