• JNE Kembangkan Pemasaran UKM Sentra Gorden

    Oleh : Doni Ramdhani12 September 2017 22:39
    INILAH, Bandung - JNE menunjukkan kepedulian sosialnya. Kali ini, JNE Bandung menggelar focus group discussion (FGD) bagi para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) di Desa Mekarsari, Kecamatan Pacet, Kabupaten Bandung.

    FGD UKM Goes Online yang digelar ini menghadirkan praktisi online Ade Ikbal selaku owner lapak gorden dan Malik pemilik usaha online hybuck.com yang memberikan tips mau pun trik bagaimana memulai serta keuntungan berjualan online. Acara yang digelar pada Senin (11/9) ini dihadiri puluhan peserta UKM dari berbagai bidang, seperti sentra gorden, penghasil kerajinan tangan, dan produsen makanan.

    Desa yang terkenal sebagai sentra gorden ini mengaku masih melakukan pemasaran dengan cara konvensional. Kebanyakan pengusaha industri ini memasarkan hasil produksinya menggunakan cara door to door karena belum memilki tujuan pasar yang jelas, padahal masalah pinjaman bantuan modal serta bahan baku cukup mudah didapat.

    Kepala Cabang JNE Bandung Iyus Rustandi mengatakan, pertumbuhan positif ekonomi digital menuntut perubahan bagi langkah strategi satu instansi atau perusahaan dalam berkomunikasi kepada masyarakat sebagai target market. Konektivitas yang terbangun dengan adanya internet mau pun mobile devices membuat jarak tidak menjadi kendala bagi perusahaan penyedia jasa atau produk dalam melakukan aktivitas komunikasi konsumen.

    "Selain harus dapat meningkatkan daya saingnya dalam memasarkan produk, pelaku e-commerce pun harus dapat juga memanfaatkan berbagai fasilitas untuk mendukung aktifitas pengiriman yang dilakukan secara maksimal," kata Iyus, Selasa (12/9).

    Pada kegiatan tersebut, pihaknya memperkenalkan strategi dan cara pemasaran online dengan menggunakan digital marketing untuk menambah wawasan para UKM. Tentu, pihaknya pun memberikan pengetahuan mau pun edukasi tentang layanan JNE. Ini dilakukan agar bisnis tiap UKM tersebut dapat berkembang karena performa bisnis mereka meningkat.

    "Pertumbuhan para UKM akan memberikan manfaat dan kebahagiaan bagi banyak orang, bahkan turut serta mendukung perekonomian nasional, seperti JNE dengan tagline Connecting Happiess yang selalu bersemangat dalam menghantarkan kebahagiaan melalui aktifitas bisnis serta programnya," tutur Iyus.

    Sedangkan, Section Head Sales Corporate JNE Bandung Gerry Mardhani menjelaskan terkait pengembangan untuk mendukung ekosistem tersebut. Pihaknya memiliki beragam inovasi produk layanan dan program yang relatif bermanfaat bagi UKM dalam menjalankan bisnis online.

    Semisal, fungsi mobile apps MyJNE untuk mengetahui estimasi waktu dan status pengiriman secara detil serta informasi lokasi titik layanan terdekat. Begitu juga dengan Pesanan Oleh-oleh Nusantara (Pesona) yang bekerjasama dengan lebih dari 600 produsen makanan khas daerah dan dapat dipesan melalui mobile apps Pesona Nusantara Online.

    Selain itu, JNE juga menyediakan layanan international shipment sehingga pelanggan dapat mengirim paket ke lebih dari 250 negara dan JNE Trucking (JTR) yang saat ini beroperasi untuk wilayah Sumatera, Jawa, hingga Bali.

    JTR sangat efektif untuk pelanggan yang memiliki kebutuhan distribusi paket berukuran besar atau berjumlah banyak, namun tidak terkendala aturan penerbangan. Jaringan JNE sebanyak lebih dari 6.000 titik layanan di seluruh Nusantara dapat menunjang aktivitas pengiriman paket pelanggan selama hampir 27 tahun dari Sabang hingga Merauke dan Talaud sampai Miangas. [jek]