• Telkom Bina 20 Ribu Generasi Muda lewat Indigo.id

    Oleh : Sirojul Muttaqien14 Desember 2017 21:03
    fotografer: Ist
    INILAH, Bandung " PT Telkom berkomitmen terus menumbuhkembangkan ekosistem digital di tanah air. Hingga saat ini, sudah lebih dari 20 ribu generasi muda telah dibina lewat program Indigo.id.

    Direktur Digital & Strategic Portfolio PT Telkom David Bangun mengatakan pihaknya memiliki program seleksi, inkubasi, hingga akselerasi digital startup sejak 2009.

    “Hingga 2017 ini kami sudah membina 17 ribu orang lebih proses talent nurturing dan 2.000 orang lebih proses taleng selection. Dari angka itu, 98 startup masuk fase inkubasi, 17 akselerasi, dan 15 startup telah komersial penuh,” katanya dalam rilis yang diterima InilahKoran, Kamis (14/12).

    Menurut dia, kebijakan tersebut dilakukan karena Telkom sebagai BUMN tak hanya dibebani target keuangan dan dividen. Lebih dari itu, juga harus menjadi agen pembangunan dengan menciptakan dan menumbuhkembangkan ekosistem digital di tanah air.

    Karena itulah, kata David, pihaknya mengembangkan itu semua tanpa tanggung. Contoh kerja sama dengan inkubator terbaik dari Silicon Valley telah dilakukan misal dengan Y Combinator yang menjadi inkubator terdepan.

    David mengatakan, saat ini pihaknya fokus mencari startup dengan spesialisasi bidang digital advertising, financial service, video/tv, music, games, travel, ecommerce, unified communication, cyber security, big data, IoT, dan API.

    Menurut dia, peluang digitalisasi bersama startup menjadi vital karena 52% masyarakat Indonesia di bawah 30 tahun sementara pertumbuhan kelas menengah per tahun 8,2% sejak tahun 2012. Di sisi lain, baru 30% masyarakat yang punya rekening bank serta 73% warganet tak mau bayar konten, sehingga peluang harus terus dimunculkan.

    Sementara itu, dalam helatan Indigo Demo Day, Managing Director Indigo Ery Punta Hendraswara mengatakan, pihaknya memfasilitasi startup naungannya secara rutin kepada investor. Termasuk juga ke anak perusahaan lain dalam kerangka Telkom Group.

    “Pada hari ini, ada 7 startup yang presentasi, terutama mereka yang sudah sukses melaksanakan program Indigo, salah satunya berhasil sinergi dengan Telkom Group,” katanya.

    “Indigo akan selalu memberikan berbagai benefit seperti pendanaan, mentoring, akses ke customer Telkom Group kepada para tech startup dengan tujuan membangun dan mengembangkan ekosistem digital bisnis Indonesia,” tambahnya. (jul)