• Headline

    Perhatian Khusus KPK Bagi Dinasti Politik

    Oleh : dea17 April 2018 17:34
    fotografer: Syamsuddin Nasution
    INILAH, Bandung - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memberi perhatian khusus bagi calon kepala daerah yang berusaha menciptakan dinasti politik.

    Hal tersebut diungkapkan, Wakil Ketua KPK, Basaria Panjaitan dalam acara pembekalan antikorupsi dan deklarasi LHKPN pasangan calon kepala daerah se-Jawa Barat di Aula Barat Gedung Sate, Selasa (17/4/2018).

    Menurut Basaria, dinasti politik menjadi perhatian khusus KPK dalam upaya memberantas korupsi, pasalnya dinasti politik seolah-olah menjadi kerajaan keluarga.

    Ia menyontohkan, pada dinasti pokitik terjadi bisa terjadi dari bapak yang memiliki kekuasaan yang akan segera berakhir, kemudian kekuasaan tersebut diberikan kepada anaknya atau juga yang dari bapak ke istrinya. Sehingga, banyak modus-modus operandi, anak yang jadi bupati dimanfaatkan oleh orang tuanya yang menjadi gubernur untuk mencari dana.

    "Keluarga itu mempertahankan kekuasaanya. Tak ikhlas dengan yang sudah dinikmati dan harus diserahkan ke yang lain. Ini menjadi atensi kami," katanya.

    Basaria menilai, ada beberapa hal yang harus dibenahi agar memunculkan integritas dalam kontestasi Pilgub Jabar. Yakni, para pasangan calon harus memiliki komitmen, bersama penyelenggara seperti KPU, Bawaslu dan Gakumdu.

    Menurut Basaria, agar tak ada keberpihakan, ia aktif mendampingi semua proses Pilikada yang dilaksanakan serentak diseluruh Indonesia agar dapat terintergrasi.

    "Money politik, serangan fajar harus di tindak kalau ditemukan. Mahar dan money politik, selalu terjadi sering ada omongan orang tapi susah dibuktikan. Ini tugas Gakumdu," tandasnya.[jek]

    Tags :
    # #


    Berita TERKAIT