• Penyelenggaraan Haji 2016 Diklaim Terbaik

    Oleh : Jaka Permana08 Desember 2016 12:04
    INILAH, Bandung - Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar membuka Rapat Evaluasi Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) Jawa Barat Tahun 2016, di Hotel Brits, Kabupaten Karawang, Rabu (07/12/2016).
    “Sekalipun respon positif datang dari berbagai pihak atas kesuksesan Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 2016, namun tentu evaluasi sebagai bagian dari manajemen Penyelenggaraan Ibadah Haji tetap menjadi syarat mutlak guna meningkatkan pelayanan di tahun mendatang,” ungkap Deddy Mizwar di Karawang.
    Pria yang akrab disapa Demiz ini menyatakan optimalnya penyelenggaraan Ibadah Haji meliputi diantaranya; pembinaan, pelayanan, dan perlindungan yang sebaik - baiknya bagi Jemaah Haji sejak pendaftaran, keberangkatan, pelaksanaan hingga kepulangannya.
    Maka dari itu sambung Deddy, optimalnya Penyelenggaraan Ibadah Haji tak hanya mendorong kekhusyukan beribadah, tapi juga menyangkut nama baik bangsa, terkhusus nama baik Provinsi Jawa Barat.
    “Saya juga bersyukur, karena tahun ini berkesempatan mengunjungi maktab dan meninjau secara langsung bagaimana kiprah dan dedikasi para petugas Haji di lapangandalam melayani Jemaah Haji asal Jawa Barat,” katanya.
    Untuk diketahui, Jemaah Haji asal Jabar jumlahnya terbanyak di Indonesia mencapai 28.888 Jemaah. Peran kolektif yang terkordinir dengan baik dari 340 Petugas Haji, menjadi kunci sukses dalam mengatasi kendala yang dihadapi.
    Pun melalui kegiatan Rapat Evaluasi yang diselenggarakan, diharapkan penyelenggara dapat mengetahui kekurangan dan kelebihannya. “Untuk yang sudah baik mari kita pertahankan, dan yang masih kurang kita tingkatkan, sehingga kita lebih siap untuk menghadapi tugas nasional tahun depan, termasuk untuk mengantisipasi wacana penambahan kuota Jemaah Haji Indonesia,” kata Deddy.
    Deddy juga mengimbau para Petugas Haji untuk terus memperhatikan kecakapan, tanggung jawab, responsibilitas, dan kerjasamanya, sebagai garda terdepan dalam memberikan pelayanan terhadap Jemaah pada penyelenggaraan Haji.
    Pada saat yang sama menurutnya, pengaturan, pengawasan dan pengendalian Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) juga perlu lebih diperkuat, karena KBIH sebagai perwujudan partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan Ibadah Haji Khusus ataupun Reguler, sejatinya juga merupakan pilar penting untuk memberikan perlindungan terhadap Jemaah Haji.
    Sementara itu Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat A Buchori mengungkapkan, seiring suksesnya penyelenggaraan Haji tahun ini, masih juga ada sejumlah catatan yang perlu dievaluasi pada rapat tersebut.
    Namun dirinya menyatakan, bahwa penyelenggaraan Haji tahun ini relatif lebih baik dari tahun - tahun sebelumnya. Kerajaan Arab Saudi menilai penyelenggaraan ibadah haji tahun 2016 M/ 1437 H menjadi penyelenggaraan haji yang terbaik dan paling tertib bila dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.
    Ketertiban jemaah haji Indonesia, sebagai jemaah haji dengan jumlah terbesar, memberikan kontribusi dalam penilaian baik tersebut. Sehingga diharapkan,penyelenggaraan Haji selanjutnya akan semakin baik lagi.
    “Perlu juga saya mengapresiasi bahwa tahun ini penyelenggaraan Haji kita relatif lebih baik dari tahun - tahun sebelumnya, bahkan ketika kami juga menjadi tim evaluasi haji di Kementerian Agama, ternyata Haji tahun ini adalah penyelenggaraan Haji terbaik dalam sejarah Penyelenggaraan Haji di Tanah Air,” kata A Buckhori. [jek]